Inventarisasi Buku-Buku Terbitan Pustaka Jaya

Karena saya sedang jatuh cinta kepada buku-buku terbitan Pustaka Jaya, maka hampir sebulan belakangan ini terus berkutat dengan hal-hal yang berhubungan dengan Pustaka Jaya. Misalnya karena mendapat informasi dari salah seorang penulis di blog bahwa Pustaka Jaya selama ini telah menerbitkan ratusan judul buku, maka kepenasaran saya segera memuncak.  Jadi selanjutnya saya masang nawaitu untuk mendapatkan informasi dari berbagai website. Yang terbaik adalah memiliki bukunya, akan tetapi karena sesuatu dan lain hal sekedar menyentuh bukunya juga senang, melihat covernya juga ok, dan hanya sekedar mencatat menginventaris juga tak mengapa.

Saya sering mendengar bahwa berbagai buku yang dikehendaki, buku apa pun dari mana pun bisa ditemukan di perpustakaan negara maju sebagai contoh US, Nederlan, dan Australia. Akan halnya buku-buku terbitan Pustaka Jaya ternyata di perpustakaan dalam negeri yakni Perpustakaan Nasional Indonesia juga ada banyak terdaftar. Dalam rangka upaya menginventarisasi buku-buku terbitan Pustaka Jaya ini saya mencarinya di berbagai tempat di dunia maya, diantaranya:

1. Online Public access catalog Perpustakaan Nasional Indonesia, tercatat 301 judul terbitan Pustaka Jaya

2. Weblog Pustaka Jaya terdapat 124 judul

3. Toko buku online Amartapura khusus terbitan Pustaka Jaya terdaftar 167 judul.

4. Hathi Trust Digital, University of Michigan dan University of California ditemukan 320 judul buku khusus terbitan Pustaka Jaya

5. National Library of Australia ditemukan tercatat 484 judul buku Pustaka Jaya

6. Leiden University Libraries catalogue ada 333 judul buku Pustaka Jaya.

7. Library of Congress, USA, 333 judul buku terbitan Pustaka Jaya

Dari ketujuh sumber tersebut lalu saya bismilah mulai menulis satu demi satu buku-buku terbitan Pustaka Jaya tersebut. Dalam menulis satu demi satu keterangan setiap buku tersebut tidak di-copy paste begitu saja namun ditulis manual biar berkesan di hati dan biar nempel di ingatan saya sebagai seorang yang sudah aki-aki. Biasanya kalau di-copy paste mudah lupa bahkan tidak dibaca apa yang di-copy paste itu.
Sejak berdirinya penerbit Pustaka Jaya tahun 1971 s/d 2014 jadi sampai dengan saat ini telah terinventarisasi sejumlah 766 judul buku. Belum selesai memang, secara rutin terus diperbaiki di-update ternyata beberapa judul ditulis dobel bahkan tripel akibat dari teknik penulisan yang sederhana tidak dengan program penulisa Word yang canggih, Juga karena tidak mempunyai standar baku bagaimana cara menuliskan judul dan keterangan lainnya dari buku itu. Sebagai contoh ada sumber yang tidak menuliskan tahun terbitnya, cetakan ke berapa, apalagi mengenai deskripsi fisiknya, namun upaya maksimal semampunya telah saya lakukan.

Perlu dijelaskan bahwa dalam upaya inventarisasi buku-buku terbita Pustaka Jaya ini, bisa jadi sudah ada yang melakukannya, tetapi saya kokoreh / mencari di dunia maya tidak menemukannya. Mungkin karena kekurang telitian saya dalam searching di internet sehingga seharusnya bisa didapat dengan mudah, eh, malah “terpaksa” harus lewat cara saya dengan menuliskannya secara manual satu demi satu judul-judul buku tersebut.
Kelak sejumlah judul buku-buku tersebut akan saya pajang di blog ini biarpun seandainya seperti saya sebutkan telah ada daftar buku-buku terbitan Pustaka Jaya tersebut sebelumnya.

Leave a Reply

