Si Cantik dari Notre Dame, Orang Gipsi

Dalam novel “Si Cantik dari Notre Dame” oleh Victor Hugo diceritakan tokoh si cantik itu bernama La Esmeranda adalah berasal dari suku Gipsi. Si Cantik gadis Gipsi itu secara ekstrim dicintai setengah mati oleh seorang pria wakil uskup dari katedral Notre Dame. Akan tetapi namanya juga kisah cinta sebuah novel tentu tidak semulus jalan tol, sengaja dibuat ada pertentangan, ada gombal, dan sangat penting dibumbui dengan konflik.

Kecantikan Esmeralda tidak disebutkan secara eksplisit akan tetapi dibuktikan dengan banyak yang jatuh hati dan menginginkannya. Seperti bagaimana kata dan ucapan pemujanya yakni Dom Frollo si wakil uskup tersebut.

Cerita ini sangat banyak menyebutkan tentang suku Gipsi, saya menjadi penasaran apa dan bagaimana orang Gipsi itu. Dari hasil browsing dan searching maka dapatlah keterangan mengenai suku Gipsi tersebut.

Orang Gipsi adalah suku Rom tentu bukan Roma yang dimaksud. Bangsa ini dikenal sebagai nomaden. Nenek moyang mereka bisa dipastikan dari India, tiba di Eropa pad tahun 1300-an. Seting cerita “Si Cantik dari Notre Dame” adalah tempatnya Prancis pada abad ke 15, jadi memang orang Gipsi sudah berada di negara-negara Eropa.

Orang-orang Gipsi selalu dikonotasikan jelek-jelek. Katanya orang Gipsi adalah tidak bisa dipercaya, misterius, suka curiga, tukang sihir, dan pencuri anak. Dari keluarga Gipsi inilah perawan La Esmeralda datang. Perempuan cantik berhati mulia, ikhlas menolong sesama yang memerlukan, mencari nafkah dengan menghibur yaitu menari dan bernyanyi di lapangan gereja, Notre Dame, kemudian memungut sumbangan dari ngamennya itu.

Kebetulan “KASKUS” memosting tentang orang Gipsi, yang bersumber dari “Eo Community” kemudian terakhir dari “The New Gypsies” oleh IAIN McKell. Saya mohon ijin masang beberapa gambar Gipsi.

image

Di atas adalah rumah nomad kaum Gipsi dan keluarga

image

Di atas adalah anak-anak Gipsi

image

Gambar di atas adalah gadis Gipsi dalam hayalan saya dia pantas menjadi La Esmeralda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s