Buku Sastra Dunia Berbahasa Inggris

Seiring dengan hobi baru membaca buku novel dunia, ternyata berkaitan erat dengan pemahaman atau kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris. Meskipun telah demikian banyak buku-buku terjemahan dalam bahasa Indonesia akan tetapi kemauan untuk mampu membaca sekaligus menikmati buku novel dalam bahasa Inggris hampir-hampir tak terbendung. Rasanya saya belajar bahasa Inggris sudah demikian lama tapi tidak kunjung mampu untuk menikmati novel atau karya sastra dunia dalam bahasa Inggris.

Pengalaman saya dalam mempraktekan berbahasa Inggris yaitu dimulai dengan ketika bergabung dengan perusahaan asing di tengah hutan Kalimantan. Umumnya jika masih berhubungan dengan profesi pekerjaan kita, berkomunikasi bahasa Inggris dengan orang asing tidaklah menjadi masalah. Baru mendapatkan kesulitan ketika membicarakan yang lain di luar rutinitas pekerjaan kita. Untuk kemampuan berbicara saya melihat orang-orang yang berani bertutur kata dalam bahasa Inggris, main hantam tidak berpikir salah dan betul tata bahasanya, biasanya banyak berhasil. Kalau orangnya pemalu, lalu terlalu menjaga sopan santun, ragu untuk mengemukakan masalah dalam bahasa Inggris akan lama bisanya.

Untuk lebih lihai berbahasa Inggris ada baiknya tinggal di negara yang berbahasa itu misal Amerika, Inggris, Australia, New Zealand atau mungkin Kanada setahun saja sudah cukup. Saya boro-boro menjadi mukimin di negeri asing ke luar negeri pun belum pernah. Jadi kemampuanku berbahasa Inggris sangat pas-pasan.

Tapi saya sangat ingin, sekali lagi, menikmati karya sastra asing dunia dalam bahasa Inggris. Tentu harus berusaha, berupaya, memaksakan diri untuk belajar kembali bahasa Inggris. Penting juga dalam memelihara kemampuan berbahasa Inggris adalah terus menerus berlatih.

image

Untuk maksud itu saya melihat di Perpustakaan Daerah Jabar di Bandung banyak buku-buku novel karya penulis dunia dalam bahasa Inggris. Saya sempat mencatat judul buku dan penulisnya sbb:
1. Pride and Prejudice, Jane Austen
2. Mansfield Park, Jane Austen
3. Sense A Sensibility, Jane Austen
4. Jude The Obscure, Thomas Hardy
5. Far From the Madding, Thomas Hardy
6. Brave New World, Aldous Huxley
7. The Swiss Family Robinson, Johann Davis wyss
8. The Pilgrim’s Progress, John Bunyan
9. The Cruel Sea, Nicholas Monsarrat
10. Precious Bane, Mary Webb
11. Aaron’s Rod, D.H. Lawrence
12. North and South, Mrs. Gaskell
13. For Who The Bell Tolls, Ernest Hemingway
14. Kenilworth, Sir Walter Scott
15. The Compleat Angler, Izaak Walton
16. Black Beauty, Anna Sewell
17. Catch-22, Joseph Heller
18. Lost Horizon, James Hilton
19. The Life of Charlotte Bronte, Elizabeth Gaskell.

Mau saya meminjam satu buku terus dengan berbagai upaya dibaca sampai selesai. Rencana sementara sambil berlatih harus tahu dulu sinopsis bukunya, garis besar atau jalan ceritanya, kalau perlu menonton filmnya. Jadi nanti saat membacanya tidak terlalu berat, siapa tahu lama kelamaan bisa menikmati buku novel asing berbahasa Inggris.

Mungkin sebagai permulaan saya akan meminjam buku “Pride and Prejudice” karya Jane Austen. Bukunya sudah ditimang-timang, dibuka-buka dan sebagian halaman diambil gambarnya. Bukunya tebal dengan hard cover, dan kertas lux terus hurupnya ukuran besar jadi enak dibaca.

Wah, lamunan ini harus segera saya laksanakan. Semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s