Mulai dengan Novel Klasik

Wah, bagaimana ini sudah demikian lama tidak melakukan posting di blog ini, padahal bahannya banyak. Ada beberapa kendala mengapa mewujudkan sebuah tulisan belakangan ini selalu gagal, pertama PC rumah yang biasa dipakai tulis menulis lagi out of order , kedua belum begitu familiar  menulis di tempat lain umpamanya di ipad, dan satu lagi penyebabnya yaitu saat ini saya lagi punya kesenangan baru dan hampir tergila-gila dengan membaca buku-buku novel klasik asing dunia.

Padahal kalau berkemauan keras untuk sambil menulis, selalu ada jalan misal meskipun PC di rumah lagi rusak toh bisa ke warnet atau belajar serius nulis di ipad walau dengan beberapa kendala. Terus meski punya hobi baru membaca buku klasik asing, itu jangan sampai menyebabkan berhenti menulis. Penyakit menyelesaikan membuat sebuah tulisan adalah menunggu bahannya lengkap, atau mau menceritakan sebuah buku menunggu tamat dulu membacanya, harusnya mulai saja meski dengan hanya apa yang ada dalam pikiran. Demikian meskipun hobi membaca buku klasik dunia tapi diupayakan membaca dengan seefisien mungkin.

Dimana ada kemauan di situ ada jalan, sesudah memproklamirkan diri punya hobi baru membaca buku novel klasik dunia maka dimulai dengan mencari tahu apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimananya buku klasik dunia itu. Maka ketemu jalannya untuk mengetahui buku-buku klasik tersebut dari bukunya jadul juga karangan Jakob Sumardjo yaitu “Dari Kasanah Sastra Dunia” 1985. Adapun buku-bukunya ternyata di perpustakaan kecil rumah lumayan banyak buku lama yang belum disentuh, kemudian di Perpustakaan Daerah Jabar, dimana saya menjadi anggota, demikian banyaknya bahan bacaan. Terus banyak e-book gratisan produk Gutenberg meski harus ada upaya keras belajar lagi membaca dalam bahasa Inggris. Satu lagi banyak buku klasik di bursa buku bekas yang murah kalau di Bandung di Cikapundung.

Jadi inilah rencana berikut mulai membaca buku-buku novel tersebut, terus dengan fasilitas menulis yang terbatas segera posting. Biar menulis singkat tapi konsisten, semoga sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Satu lagi sekali posting upayakan waktunya satu jam saja. Semoga!

Dan saat ini saya sedang membaca buku “Si Cantik dari Notre Dame” judul aslinya “The Hunchback of Notre Dame” karya Victor Hugo. Mau tidak mau buku setebal 570 halaman ini harus selesai dalam dua minggu, kalau tidak akan didenda karena bukunya meminjam dari Perpustakaan Daerah Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s