Karedok Leunca…

Grup lawak Dono – Kasino – Indro dalam dagelannya dengan lagam berbicara bahasa Batak yang khas berujar bahwa, yang enak punya istri orang Sunda, bekali sambal lepas di kebun, sudah hidup dia, segala daun dimakan kecuali daun pintu. Mungkin saya mengutipnya tidak persis begitu, tapi soal jenis daun yang bisa dimakan mentah oleh orang Sunda memang cukup banyak, dedaunan itu kemudian disebut lalapan, Misalkan saja lalapan hijau yang biasa dimakan mentah adalah jenis daun-daunan, daun putat, kemangi, daun jambu mede, pohpohan, sawi, selada air, pokcay, selada bokor, kacang panjang, antanan, beluntas, daun kacang panjang.  Ada juga daun-daunan yang perlu direbus dulu daun singkong, daun ubi jalar, daun labu siam, daun katuk, daun pepaya, kangkung, mamangkokan, imba, kedondong. Jenis buahan yakni leunca, takokak, petai cina, jengkol, mentimun, buah hiris muda. Segala lalapan itu memang harus ada coelnya yakni sambal terasi yang aduhai…

Zaman dahulu tahun 50-an ketika usia sekolah SD saya sering disuruh orang tua atau kakak perempuan untuk mencari lalapan dedaunan atau ngundeur baik di halaman rumah maupun di kebun agak berjarak. Meskipun masih kecil saya sangat tahu mana yang sayuran lalapan dan mana yang bukan. Di rumah kakak menyediakan sambal, terus masak nasi, tambah kerupuk atau ikan asin sederhana seperti ikan asin sepat atau peda, sudah cukup untuk makan siang tujuh bersaudara.

Pohon dan buah leunca ditanam di Pot

Pohon dan buah leunca ditanam di Pot

Menyetelkan teman nasi yang sederhana murah meriah sudah menjadi kebiasaan, ini bukan karena tirakatan akan tetapi karena memang teman nasi lain tidak ada atau jarang ditemukan, maklum zaman segala susah. Goreng peda asin dipadukan atau distelkan dengan pete mentah yang cukup tua bahkan kulit arinya sudah berwarna merah, dimakan nasi pulen enak sekali atau pedo! Jengkol muda mentah dicoel sambal terasi medok sama nasi pulen emh enak banget… Atau kerak liwet nasi yang agak gosong ditaburi garam saja sudah nikmat…

Persiapan membuat Karedok leunca

Persiapan membuat Karedok leunca

Makan yang paling sederhana sekaligus prihatin zaman itu adalah nasi diaduk dengan minyak bekas menggoreng atau jalantah terus ditaburi garam halus, sudah lumayan. Berikutnya teman nasinya berupa kerupuk saja, ikan asin saja, atau mengolah secara sederhana sayuran lalapan tersebut di atas.

Adapun kreasi memasak sayuran yang relatif sederhana adalah dipencok, dikaredok, dilotek, dipecel dan diulukutek. Bumbunya sederhana saja. Pencok bahan bakunya hanya satu macam misal pencok hiris, buah hiris muda ditumbuk kasar didalam cobek bumbunya garam, gula, kencur, bawang putih, dan terasi, eh.. jangan lupa cabai rawit, lebih lengkap pakai oncom bersamaan dulek. Untuk bumbu yang sama tetapi bahan bakunya leunca disebut pencok leunca. Jika bahan bakunya beberapa macam misal leunca, mentimun, kemangi, kacang panjang diolah seperti pencok disebut Karedok leunca. Kalau leunca tidak diulek dicobek tetapi ditumis dengan tambahan oncom biasa disebut ulukutek leunca.

Kredok Leunca dan lauk-pauk lainnya

Kredok Leunca dan lauk-pauk lainnya

Waduh payah juga menulis resep masakan oleh yang ahli makannya saja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s