Wisata Bersama Bocah di Sumatra Barat

Sewaktu masih muda umurku sekitar 32 tahun, he he sekarang 67 tahun, tua banget dan cerita lama banget… saya beserta keluarga karena pekerjaan merantau ke Kalimantan Timur, padahal saya orang Bandung. Tahun 1978 orang tua saya bilang: “Mau mencari apa jauh-jauh amat?”. Saat itu ungkapan mangan ora mangan ngumpul, meskipun berbahasa Jawa berlaku juga buat orang Sunda yang artinya “makan tidak makan yang penting berkumpul”. Saya, karena pekerjaan sekali lagi, maksa. Menyedihkan memang saat kedua orang tua meninggal, saya selalu datang terlambat hanya melihat pusara dengan tanah yang masih merah.

Oh, saya melantur kalau cerita bisa kesana kemari, dan untuk itu istri saya selalu protes, karena pertama melantur itu, dan keduanya mulainya terlalu jauh seperti permulaan cerita ini. Nah, jika cuti tahunan dari pekerjaan, kebetulan dibelikan tiket pesawat pp, dan juga bekal uang cuti, kami tidak langsung ke Bandung, tapi berwisata dahulu di tanah air, membawa anak-anak yang kala itu masih usia sekolah SD. maksudnya agar anak-anak banyak pengetahuan dan pengalaman. Dan saat ini tahun 2013, anak saya yang kala itu masih sekolah di SD, telah dewasa telah menikah dan telah memberikan cucu-cucu kepada saya.

Itu peristiwa wisata keluarga 30 tahunan yang lalu, saat ini bulan Agustus 2013 terulang kembali, tapi anggota keluarga bukan hanya 5 orang sekarang sudah menjadi 11 orang, karena ditambah mantu dan cucu, bahkan sudah jadi 12 orang karena tambah mantu satu lagi. Tujuan yang akan saya ceritakan adalah wisata ke Bukittinggi dan Padang, dalam rangka pernikahan anak bungsu saya.

Kata orang jika ingin kebebasan berwisata yang sesungguhnya adalah bepergian sendirian, kemana pergi mengikuti kemauan kaki melangkah, tidak ada yang protes, tidak ada yang mengeluh, tidak ada yang rewel berbeda kemauan. Sepertinya iya begitu tetapi bagi saya kalau boleh memilih enakan rame-rame dengan keluarga, sambil menerapkan pendidikan ke anak cucu, contoh-contoh mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang boleh dan mana yang tidak. Soal direcokin cucu itu biasa, dan he he he kan ada kedua orang tuanya.

Wisata keluarga kali ini selama lima hari itu juga harus punya persiapan yang matang utamanya disesuaikan dengan kebutuhan bocah-bocah itu dari pakaian, makanan, penginapan, dan juga tempat rekreasi harus ditambahkan dan disesuaikan dengan selera anak-anak. Malahan akhirnya wisata orang tua nebeng kepada pikniknya anak-anak. Dunia piknik anak-anak harus dilengkapi dengan kolam renang, arena bermain anak, dan ke mall. Demikian juga makanan jangan lupa KFC, Pizza, McD, ice cream, dan jajanan warung kesukaannya, anak-anak mana suka makanan RM Padang yang serba pedas yang sebaliknya dengan orang tua menyukai sambal hijau dan merah dengan daun singkong, ayam pop, dan daging rendang mana boleh terlewat.

Demikian namanya juga anak-anak, ketika sudah matang merencanakan pergi melihat-lihat Jam Gadang dan Ngarai Sianok, malahan pagi-pagi sukar bangun dan apabila sudah bangun ngotot ingin main game dahulu. Orang tua mau melihat danau Maninjau anak-anak mogok ingin membeli mainan sekitar jam Gadang, wah kalau tidak pandai-pandai merayunya bakalan banyak acara wisata terlewat. Melihat itu saya senyum sendiri, karena ketika anak saya kecil dahulu perilakunya tidak jauh berbeda dengan cucuku saat ini.

Ketika segala urusan telah kelar, liburan telah lekasan, sampailah saatnya pulang, badan terasa sudah loyo, mata mengantuk, tulang-tulang terasa remuk redam, dan pegal segala persendian, baru juga terlelap sesaat di pesawat, karena cucu saya senang sekali bertanya yang aneh-aneh, sebagai kakek gengsi dong kalau tidak tahu seluk beluk pesawat terbang. Terdengar sorakan cucu bahwa pesawat akan mendarat di Cengkareng.

Sekian dahulu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s