Buku Tua “Oliver Twist” Karya Charles Dickens

Dimulai dengan masa kanak-kanaksaya kemudian remaja lalu dewasa kegiatan membaca buku hanya sesekali saja dilakukan, jauh dari istilah menjadi kutu buku, demikian juga buku-buku tak ada yang terkumpul, maklum disibukkan dengan pekerjaan dan lain-lain. Setelah gaek dan pensiun dimulai membaca dan mengumpulkan buku, sebab banyak punya waktu luang. Andai saja waktu bisa diulang maka pasti pertama-tama yang akan dipentingkan adalah membaca buku, karena demikian banyaknya manfaat membaca dalam mendapatkan pengetahuan.

Lalu seperti “kegilaan”, untuk mengejar ketinggalan, sekali lagi diusia tua ini mulai giat membaca. Dan demikian banyaknya buku yang menarik dan harus dibaca, termasuk buku-buku klasik, buku-buku tua yang seyogianya telah aku baca itu dahulu sejak masa remaja.

Sangat banyak buku-buku lama yang dahulu tidak sempat kubaca seperti buku-buku pengarang angkatan Pujangga Baru, Pujangga angkatan Balai Pustaka, Pujangga Angkatan 45. Belum lagi pengarang dan penulis asing seperti salah satu yang akan saya bicarakan yakni buku “Oliver Twist” karyanya Charles Dickens.

Ketika terakhir saya datang ke Perpustakaan Bapusipda Jabar di Bandung, dalam rangka mencari buku untuk dibaca, saya menemukan buku tua lembarannya sudah menguning yaitu buku “Oliver Twist” karyanya Charles Dickens. Meskipun remang-remang dalam ingatan nama Charles Dickens pernah mendengar atau membaca dimana, akhirnya buku tipis tersebut dipinjam dan mulai dibaca.

Zaman sekarang ada internet tak usah lama-lama mencari jawaban apa dan siapa Charles Dickens dan bukunya “Oliver Twist” bisa dicari atau searching di google, wah betul-betul informasi mengenai hal tersebut banyak sekali. Kalau dipikir betul-betul saya ketinggalan zaman dan sekaligus “memalukan” sampai tidak tahu buku “Oliver Twist” karyanya Charles Dickens tersebut.

Charles John Huffam Dickens (Landport Inggris 1812 – London 1870) beliau meninggal pada usia relatif muda 58 tahun. Penulis roman masa lampau ternama ini karya uatmanya seperti “ThePickwick Papers” (1836), “Oliver Twist” (1837), “Nicholas Nickleby” (1838), dan masih banyak lagi.

Oliver Twist adalah judul sebuah novel kedua karangan Charles Dickens. Novel ini mengisahkan tentang seorang anak yatim piatu bernama Oliver Twist yang hidup di Inggris pada tahun 1830an. Melalui novel ini, Dickens mengangkat tema kemiskinan, kelas sosial, dan kekerasan yang terjadi pada masa revolusi industri di Inggris.

Kisah “Oliver Twist” pun bahkan difilmkan tak perlu jauh-jauh mencari di youtube ada beberapa film tentang “Oliver Twist” setidaknya ada dua judul kalau tak salah. Satu lagi yakni Genre : Drama keluarga, Pemain : Ben Kingsley, Barney Clark, Leanne Rowe, Jamie Goreman Harry Eden, Sutradara : Roman Polanski, Produksi : Alain Sarde & Robert Benmussa.

Kalau bisa sambil pendalaman dan belajar, bagusnya postingan berikut adalah resensi buku “Oliver Twist”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s