Ajaran Sejak Purba: Dilarang mencuri!

Ajaran moral atau ahlak yaitu ajaran baik buruk yg diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dsb. Salah satu ajaran yang baik satu kalimat saja adalah Dilarang mencuri!  itu telah kita terima sejak kecil.

Mencuri dalam kamus KBBI, men·cu·ri v mengambil milik orang lain tanpa izin atau dng tidak sah, biasanya dng sembunyi-sembunyi. Selanjutnya sejenis itu adalah korupsi, korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dsb) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Jangan korupsi, jangan korupsi, dan jangan korupsi.

Yang terus mengiang di telinga sejak masih kecil adalah bahwa mencuri itu mutlak dilarang, itu merugikan orang lain, hukumnya adalah seharusnya dipotong tangan, kelak di akhirat akan dimasukkan ke neraka. Makanya ajaran orang Sunda sejak kecil adalah namanya perbuatan buruk  “mipit teu amit, ngala teu menta”, artinya ngambil tidak berizin, membawa tidak meminta – jadi izin pemilik atau yang punya hak adalah sangat penting.

Itu barang yang sangat-sangat jelas, nyata, dan gamblang, tetapi kemudian teknologi semakin berkembang, tiba-tiba kita terlempar kepada suatu masa kecanggihan teknologi, terus saja kepada pokok masalah yang ingin aku jelaskan yakni “hak Cipta” – yang – zaman baheula mah teu hir teu walahir terpikirkan.

Sederhananya ini, sebagai pengguna computer dan umumnya internet, terus lebih khusus lagi sebagai bloger (mungkin dalam rangka belajar menulis dan belajar menuangkan ide-ide), harus mulai belajar juga tentang hak cipta – yang – sederhananya, atau kurang-kurangnya kita memperhatikan mengenai hak cipta, kalau tidak belajar tentang hakcipta kita bisa melanggar ajaran moral yang paling purba yakni Dilarang mencuri!

Lalu gunakanlah adab-adab yang baik mengenai copy paste, pendapat dan ide orang lain adalah milik yang berhak, tidak boleh asal comot, tentu dengan izin atau minimal saheulaanan (sementara) menuliskan sumbernya.

Yu kita mulai sebelum kebablasan mencuri hak cipta orang lain, belajar sedikit demi sedikit, menuliskan sumber, meminta izin, terus jangan sembarangan upload dan download dari dan ke youtube, terus jangan seenaknya copy paste sekali lagi. Ajaran ini buat umum yang palin khusus adalah buat aku sendiri. Aku sejak sekarang akan bismilah untuk Tidak mencuri.

Yu kita mulai belajar Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta pdf-nya dari Kementerian Hukum dan HAM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s