Lagu Sanjung Buat Bandung

Meskipun kini Kota Bandung sering dikeluhkan karena tidak sejuk lagi, boro-boro ada halimun di alun-alun, boro-boro bisa bersepeda di dalam kota, dan muacetnyaaaa minta ampun tidak week end juga tidak week day sami mawon.

Dahulu sebutlah tahun-tahun sebelum 70-an Bandung banyak disanjung oleh para pengunjung. Tidak hanya Bandung yang diugung, juga Priangan atau Parahyangan atau umumnya Tanah Sunda banyak dipuja karena keindahan, kesejukan, keramahan penduduknya, bahkan kecantikan mojangnya.

Bandung juga sering dipuja para penyajak umpamanya kumpulan puisi “Di Atas Viaduct” walau sarat dengan kritik tapi menunjukan perhatian dan sayangnya ke Kota Bandung, dan juga telah menginspirasi Ramadhan KH dengan kumpulan puisinya “Priangan Si Jelita”

Zaman kolonial Walanda, Bandung sudah mulai disanjung misalnya menurut Haryoto Kunto (1984) ada lirik lagu menyanjung Bandung

Bandung, O, wonderstad
Dat zegt toch iedereen
Een stad vol pracht en praal
Altijd even schoon en rein
Kortom, een plaats bij uitnemendheid
Bandung, heerlijke stad

Kira-kira  artinya

Kota Bandung nan jelita
Menarik hati siapa saja
Gemerlap menyala tiada tara
Resik apik menarik hati
Memang nyata indah lestari
Bandung kota nan asri

Adapun lirik lagu yang menyebut Bandung kita temukan pada judul lagu seumpama: Ole-Ole Bandung, Halo-Halo Bandung, Sapu Tangan Bandung Selatan, Bandung Selatan, kemudian lagu-lagu berbahasa Sunda: Ari Imut-Imut Bandung (Kalau Senyum-Senyum Bandung), Peuyeum Bandung (Tape Bandung).

Yang paling produktif adalah seniman pencipta lagu terkenal yaitu Mang Koko (1917 – 1985), beliau yang telah menciptakan lagu lebih dari 400 judul dan sebagian dari lagunya itu menyanjung Bandung dan umumnya Tanah Sunda. Bukan hanya lagunya yang selalu digandrungi oleh pencinta dan pendengarnya akan tetapi juga liriknya pun dipilih yang puitis dan untaian kalimat yang bisa membawa nikmat.

Inilah beberapa judul lagu ciptaan H. Koko Koswara yang bahkan sampai kini masih dihariringkeun (disenandungkan) orang Bandung. Judul lagu-lagu Bandung oleh Mang Koko:  Bandung, Kota Bandung, Pagunungan Bandung, Bulan Bandung Panineungan (Bulan Bandung Dalam Kenangan), Di Langit Bandung Bulan Keur Mayung (Di Langit Bandung Bulan Sedang Dipuncak), Jali-Jali Aransemen Bandung.

Lagu Ciptaan Mang Koko tentang tanah Sunda dan alam Priangan lainnya:  Angin Priangan, Tatar Sunda, Tanah Sunda, Padusunan Priangan (Pedusunan Priangan), Parahiangan, Pasundan Eksiganda, Sunda Sawawa (Sunda Dewasa)

Sewaktu tahun 50-an anak-anak SD sangat keterlaluan kalau yang merasa orang Sunda tidak bisa menyanyikan dan hapal lagu wajib, lagu Tanah Sunda seperti dibawah ini:

Tanah Sunda gemah ripah
Nu ngumbara suka betah
Urang Sunda sing toweksa
Nyangga darma anu nyata
Seuweu Pajajaran
Muga tong kasmaran
Sing tulaten jeung rumaksa
Miara pakaya
Memang sawajibna
Geten titen rumawat Tanah Pusaka

Cag!

2 thoughts on “Lagu Sanjung Buat Bandung

  1. Oh really this is from faraway? thanks very much. I waiting the next comment for my posting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s