Lokasi Bangunan Cagar Budaya Di Kota Bandung

Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung didirikan pada tahun 1987 oleh sekelompok orang yang bertekad melestarikan gedung-gedung di Bandung, lingkungan serta budayanya. Salah satunya bertujuan untuk membantu meningkatkan apresiasi dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pelestarian warisan budaya, budaya dan lingkungan alamnya.

Pada tahun 1997 Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung telah menginventarisir Bangunan Cagar Budaya Bandung (BCBB) yang berada di Kota Bandung tersebut dimana dicantumkan tak kurang dari 420 lokasi alamat jalan yang berada di Kota  Bandung.

Kota Bandung telah mempunyai Perda nomor 19 tahun 2009 mengenai Pengelolaan Kawasan Bangunan dan Cagar Budaya. Juga didalamnya tercantum Daftar Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya di Kota Bandung. Akan tetapi dengan berbagai pertimbangan termasuk beratnya pembiayaan pemeliharaan bangunan kuno tersebut, baru terdaftar di Perda itu sebanyak 99 buah bangunan, padahal jumlah BCBB seperti tersebut di atas sebanyak 420 lokasi. Beberapa informasi menyebutkan bahwa BCBB tidak kurang dari 1.000 buah.

Kembali ke Hasil Inventarisasai Paguyuban Pelestarian Budaya bandung (Bandung Heritage) Tahun 1997, bahwa lokasi BCBB tersebar di seantero Kota Bandung. Daftar alamat lokasi disusun merut abjad dari mulai jln ABC di tengah kota sampai ke jln Windu daerah jalan Pelajar Pejuang bagian selatan Kota Bandung. Tercatat 126 nama jalan di Kota Bandung dimana terletak bangunan tua tersebut.

Dari 126 nama jalan di Kota Bandung tersebut, setiap jalan ada banyak atau beberapa lokasi bangunan tua yang antik itu, dan setiap lokasi ada beberapa bangunan yang berderet. Misalkan di jln Arjuna ada dua lokasi pertama Nama bangunan: Rumah Potong Hewan alamat no. 45, kedua Nama Bangunan: Rumah tinggal Jl Arjuna nomor: 95,97,99,101,103,105,107,109,111. Jadi di jln Arjuna jumlah BCBB ada 10 buah.

Bangunan tua tersebut paling banyak berada di jln Braga 52 buah, jln Martadinata 38 buah, jln Ir H Juanda 25 buah, jln Asia Afrika 21 buah bangunan, jln Setabudi 20 buah, 14 buah di jln Wastukencana, 10 buah bangunan masing-masing ada di jln Kelenteng – jln Suniaraja – jln Tamblong. Demikian berurut dari mulai ada 9 bangunan di  jln Pasar Selatan, sampai yang hanya satu bangunan misal di jln Cikapundung Barat dimana nama bangunan PT Perkebunan XIV berada.

Demikian uraian singkat Lokasi Bangunan Cagar Budaya Di Kota Bandung, semoga apresiasi dan kesadaran masyarakat akan bangunan cagar budaya khususnya di kota Bandung umumnya di Indonesia tercinta semakin meningkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s