Nasib Pertokoan Lama Di Jalan ABC Bandung Kini

Dalam upaya memelihara dan melestarikan bangunan-bangunan tua di Kota Bandung,  “Bandung Heritage” telah mengadakan inventarisasi. Dari data lembaga pelestarian “Bandung Heritage” itu pada tahun 1997 disebutkan bahwa di jalan ABC ini ada dua lokasi bangunan yang harus dilestarikan yakni:

  1. Pertokoan Kodros, berlokasi di jln ABC no. 1, 3, 5, 7, 9 berfungsi sebagai ruko gandeng, arsiteknya belum diketahui, tahun pembuatannya tahun 1910, kelas A
  2. Toko “Bandung Baru”, berlokasi di jln ABC no. 50, 52, 54 berfungsi sebagai pertokoan, arsiteknya belum diketahui, tahun pembuatannya tahun 1910 – 1920, kelas A

Nah, disebutkan bahwa pendataannya pada tahun 1997 jadi sampai sekarang tahun 2012 sudah lama sekali yakni sudah 15 tahun, jadi saya sangat penasaran bagaimana keadaan bangunan pertokoan tersebut pada saat ini. Perlu diketahui bahwa umur bangunan tersebut yang dibuat tahun 1910 perkiraan kasarnya sudah 100 tahunan, dan itu masih zaman kolonial Belanda di Kota Bandung.

Dimanakah jalan ABC itu? Jln ABC terletak dikawasan dekat Pasar Baru Bandung, ini tempatnya perdagangan, tempatnya orang belanja, jadi adalah kompleks pertokoan, so pasti dekat dengan jalan Pecinan dimana dari dulu sampai sekarang pertokoan tidak lepas dari usahanya saudara kita warga Cina. Jalan besarnya adalah jalan Oto Iskandardinata, belok ke jalan ABC terus jalan ABC ini dipotong jalan Alkateri, yang sesudah memotong jalan ABC, jln Alkateri ini, namanya berubah menjadi jalan Suniaraja. Kemudian jalan ABC yang mungkin hanya 1 Km ini berakhir atau dipotong oleh jalan Banceuy.

Tidak seperti lagu “Alamat Palsu”- nya Ayu Tingting, alamat yang saya cari ini sudah jelas, hanya karena jika di kota mencari alamat harus tahu nomor kecil sebelah mana, dan nomor besar di ujung mana. Nomor kecil bangunan dimulai dari awal jalan besarnya misalnya untuk jalan ABC nomor satunya dimulai dari belokan jalan Oto Iskandardinata sebagai jalan besarnya. Tapi juga harus tahu bahwa barisan nomor bangunan ganjiiil pasti sebelah kiriii…, dan nomor genaaap ada di sebelah kanaaan… (he he he cara aki-aki mengingat sesuatu).

Menurut toponimi Kota Bandung, toponimi? Adalah untuk menyelidiki atau mengetahui nama suatu tempat. Tidak seperti jalan lain di Kota Bandung dimana nama jalan ada ceritanya, ada kisahnya, bahkan ada sejarahnya. Sebagai contoh jln Oto Iskandardinata adalah nama seorang pahlawan kemerdekaan. Jalan Banceuy adalah bahwa dahulunya wilayah itu suatu perkampungan yang ada kandang kudannya. Sedangkan untuk jalan ABC ini hanya disebutkan bahwa dahulu zaman Belanda nama jalan ini adalah  ABC Straat, keterangan lainnya belum saya ketemukan selain menyebutkan lokasi seperti yang saya tulis di atas.

Jaln ABC ini seperti sebagaimana jalan-jalan di pusat-pusat perdagangan atau pertokoan selain mal,  kondisnya betul-betul rami, sibuk, sempit sebab setengahnya dijadikan tempat parkir mobil dan motor. Terus trotoarnya penuh dengan pedagang kaki lima, untuk pejalan kaki kadang bingung kemana melangkah. Sepanjang jalan ini terdiri dari pertokoan alat-alat elektronika hiburan dan perlengkapan rumah tangga lainnya, toko kaca mata, toko jam, dan toko macam-macam kamera. Demikian juga pedagang kaki lima banyak yang jualan dan reparasi kamera, kaca mata, dan reparasi aneka ragam jam. Jadi pantas kalau jalan ini menjadi salah satu jalan padat seperti umumnya jalan di Bandung saat ini.

Setelah tahu lokasi bangunan pertokoan dimaksud, maka mulailah saya mengambil gambar dengan beberapa kali jepretan

Pertokoan Kodros

Pertokoan Kodros ini dalam kondisi tidak terurus dan nampaknya sudah lama tidak dihuni. Yang berfungsi malahan trotoar dimukanya menjadi lahan usaha kaum PKL dengan lapaknya

Toko Bandung Baru

Bangunan toko “Bandung Baru” juga sama tidak terawat, apalagi yang ini tertutup oleh iklan yang gede banget sehingga hampir menutupi keindahan bangunan

Nasib Pertokoan lain di jln ABC

Nasib bangunan pertokoan lain yang belum diinventarisir “Bandung Heritage” pun nasibnya sama menyedihkan karena tidak terurus.

9 thoughts on “Nasib Pertokoan Lama Di Jalan ABC Bandung Kini

  1. sayang sekali ya pak, padahal bangunannya masih kokoh, andai dirawat pasti masih bisa digunakan

    bagaimana kabarnya pak Eman ?

  2. Mungkin karena perawatan rumah tua biayanya mahal, Bu Ely saya baik-baik saja, semoga ibu pun demikian, terima kasih

  3. Menyedihkan, padahal kalau bangunan-bangunan tua, khususnya pertokoan lama, dirawat dengan baik maka Bandung akan lebih keren..

  4. Gie, iya mestinya begitu, maaf saya belum sempat berkunjung ke blognya Gie, nanti ditunggu ya. terima kasih, wassalam

  5. saya suka banget bangunan yg ada di daerah jalan abc dan sekitar pasar baru , unik, antik dan menarik. Tapi ya itu nasibnya kasian, tidak cukup terurus.. terus poting tentang bangunan tua pak, saya juga hunting sendirian foto gedung tua, bisa cek di opakopik.multiply.com ..jd promosi.. :))
    salam..

  6. Kang Opik, terima kasih sudah berkunjung, saya juga suka berkunjung ke opakopik.multiply.com. Oh punya blog di blogspot juga ya? nanti saya baca, nuhun. wassalam

  7. sekitar thn 1992 – 1997 saya pernah tinggal di bandung, tepatnya di jalan dewi sartika gg ereh belakang hotel dewi sartika/ gereja rehobot. klo pas hari minggu saya sering jalan2 pagi lwt jalan abc dan liat semua bangunan tua itu. oh ya mas enam apa sampai sekarang kondisi bangunan semua di situ masih utuh seperti dulu?

  8. Pak Hadi sekarang tinggal di mana? terima kasih sudah berkunjung, wah bapak dulu di Bandung tinggal di tengah kota kalau jalan Dewi Sartika mah. Bangunan tua di jalan ABC masih ada, tapi ya itu mengenaskan tidak terawat, mungkin biaya ngurus bangunan tua termasuk mahal. dan itu tidak boleh dibongkar karena sudah masuk bangunan cagar budaya, warisan kota Bandung. Wassalam

  9. sama2 mas eman, sekarang saya kembali di kampung kelahiran saya Pekalongan jateng. insaalloh kalo di beri umur panjang dan kesehatan saya ingin sekali main ke Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s