Mencari Lokasi Hotel Wilhelmina Di Jalan Braga Bandung

Zaman kolonial Belanda hotel ini dinamai Hotel Wilhelmina, lalu tahun 50-an berubah menjadi Hotel Braga. Hotel ini terkenal dan banyak tamunya, bukan karena besar dan bergensi seperti Savoy Hotel Homann atau sebelah timurnya Hotel Preanger, akan tetapi karena letaknya yang strategis persis di wilayah tempat shoping pertokoan jalan Braga.

Foto dari Buku Album Bandoeng Tempo Doeloe oleh Sudarsono Katam & Lulus Abadi

Hotel Wilhelmina pada tahun 1946 sempat dikunjungi Lord Louis Mountbatten kakek Pangeran Charles Putra mahkota Kerajaan Inggris.

Hasil Inventarisasai Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung (Bandung Heritage), Tahun 1997 Hotel ini dicatatkan sebagai bangunan cagar budaya. Nama bangunan: Hotel Braga, Lokasi: Jl Braga 8, Fungsi: Hotel Wilhelmina , Arsitek: belum diketahui,Tahun pembuatan: 1928-1931, Kelas: B.

Dalam pikiran aku, rasanya pada tahun 80-an awal, aku pernah datang ke hotel Braga ini, saat itu datang untuk mengunjungi salah seorang kakak yang kebetulan menginap di hotel ini. Tapi aku kok lupa di jalan Braga itu letaknya di sebelah mana, membuat aku penasaran. Sejak itu aku ingin mencari sendiri dengan pasti dimana tempat dan raratana hotel tersebut.

Suatu saat lewat di lokasi yang aku bayangkan bahwa letaknya di sana, tapi maklum sambil mengemudi mobil jadinya tidak leluasa mencari karena kawasan Braga ini terkenal demikian padat dengan lalu lintas kendaraan. Nah, kalau begitu aku harus mempunyai waktu khusus dan jangan naik mobil karena susah mencari tempat parkir, harus sengaja berjalan kaki.

Akhirnya rencana tersebut kesampaian juga, aku berjalan-jalan di kawasan jalan Braga pendek (awal jalan Braga). Mengira-ngira lokasinya bahwa di sebelah kiri ada Museum Asia Afrika, terus sebelah kanan ada Apotek Kimia Farma, terus ada gedung bioskop Majestic. Nah, di depan gedung Majestic atau disamping Apotek Kimia Farma tersebut seharusnya letak Hotel Braga itu, tapi dimana? Sepertinya Hotel Braga tidak ada dan menghilang, aku seperti katalimbung tidak mengenal lingkungan alias lost orientation.

Hotel Wilhelmina dibelakang rimbunnya pagar tanaman

Setelah saya bismillah dan sambil ngagibrigkeun kepala, dan melihat ke seberang gedung bioskop Majestic,  baru ingatan saya terbuka pasti gedung hotel Braga itu berada dibalik rumpun pagar pepohonan itu. Tapi bagaimana melihatnya? Terpaksa aku, aki-aki 65 tahun, memanjat pohon, dan.. betul saja bangunan Hotel Wihelmina atau Hotel Braga itu ada di belakang rumpun pepohonan tersebut. Kelihatan tiga bangunan inti dari hotel tersebut, kemudian seperti biasa aku buat beberapa jepretan foto, seperti dibawah ini:

Bangunan utama hotel wilhelmina

Bangunan kedua Hotel wilhelmina

Bangunan ketiga Hotel Wilhelmina

Eh, ternyata di sebelah sono, di samping bekas bangunan gedung Sarinah, ada pintu gapura darurat terbuat dari seng yang terbuka dan seseorang masuk ke dalam, tanpa pikir panjang saya segera turun dari pohon dan secepat kilat masuk ke lokasi hotel,  dan secepat itu pula saya mengambil beberapa foto, maklum takut kehilangan momen terbaik. Selanjutnya karena saya pikir kondisinya aman, maka saya berdiri di halaman hotel tersebut sambil membayangkan saat LL Mountbatten dari kerajaan Inggris ketika  menyalami pasukan Belanda yang tergabung dalam tentara sekutu.

Foto dari Buku Album Bandoeng Tempo Doeloe oleh Sudarsono Katam & Lulus Abadi

Hotel Wilhelmina saat ini Desember 2011

Selidik punya selidik berdasarkan pengamatan sesaat bahwa sudah demikian lama hotel Braga ini tidak digunakan. Kelihatan pada  saat aku meninjau ke lokasi keadaan hotel tidak begitu terurus seperti rumah tak berpenghuni. Beberapa orang kelihatan sedang bekerja tapi mengerjakan apa tidak tahu. Aku berpendapat bahwa karena di belakang bangunan hotel  Braga tersebut ada lapangan yang luas kemungkinan besar akan dibuatkan bangunan gedung sedang bagian depannya tetap seperti Hotel Braga atau hotel Wilhelmina.

Demikian cerita mencari lokasi Hotel Wilhelmina yang sempat hilang dalam memori ingatanku.

 

11 thoughts on “Mencari Lokasi Hotel Wilhelmina Di Jalan Braga Bandung

  1. Hehehe..Aku ngakak baca ” aki-aki 65 tahun naik pohon” Pak..Ibu ikut gak? Pasti enggak, kalau ya pasti diprotes ya, takut jatuh..
    Ex hotel Wihelmina ini sekarang milik siapa sih Pak? Kok dibiarkan terbengkalai begitu saja. Apa jangan2 dibiarkan rubuh perlahan habis itu dimusnahkan sekalian untuk membangun hotel baru? Sayang yah kalau nilai sejarahnya hilang begitu saja..

  2. Bu Evi, he he he.. iya memang istri saya tak ikut, di beberapa hal memang saya suka nekad, istri saya tahu betul itu, untungnya selamat

  3. Bu Ely, mungkin ini jaman dahulu hanya hotel melati saja, menurut saya, bangunannya juga tidak antik, tapi mungkin karena bangunan ini bersejarah jadi dicoba didaftar sebagai bangunan cagar budaya Kota Bandung

  4. Hotel yang masuk dalam cagar budaya tapi kenapa tidak keurus ya? Branding Hotel sebagai hotel bersejarah mestinya dapat meningkatkan daya jual hotel. Tapi kok malah terlantar ya?

  5. Aan, seyogianya memang begitu bahkan harusnya pemerintah daerah menyubsidi atau bahkan bertanggung jawab atas biaya renovasi dan maintenance-nya, tapi bagaimana akan begitu pemda tidak punya uang. Sebaliknya pemilik bingung sendiri diapakan bangunan tua karena kalau dioperasikan perlu biaya yang tinggi, tamu hotel menuntut fasilitas ac, air panas, karpet dll. Terima kasih atas kunjungan dan komennya

  6. Untuk jadi, detektif di daerah Braga mah … enaknya momotoran pak …
    resep tuh … apalagi petunjuk awalnya ada dibuku …

  7. Terima kasih mas, saya sudah tak kuat oleh angin kalau naik motor, naik angkot atau bus Damri, terus jalan kaki sepanjang Braga

  8. Tempo hari (Jum’at 18 Januari 2013) ketika main ke redaksi PR, saya parkir di depan hotel ini sedang dibangun untuk Hotel Ibis. Bangunan Lamanya mau dirubuhkan😦

  9. Terimakasih sudah mendokumentasi Hotel Braga. Waktu kecil saya pernah menginap disini, sekitar tahun 85an. Dulu seingat saya gedung yang belakang berlantai 3. Hotel jaman dulu, sering mempunyai teras. Lihat di google sudah jadi hotel ibis.

Leave a Reply

