Ada Apa di Viaduct Kota Bandung

Kalau bertanya dimana viaduct, pasti akan ditunjukan dua tempat, satu lokasinya sebelah barat Stasiun Bandung di jalan Pasirkaliki dan satu lagi di sebelah timur Stasiun itu yakni di jalan Viaduct. Tapi yang paling terkenal adalah Viaduct yang terakhir ini, mengapa? Karena di lokasi ini lebih “ramai”. Sebentar, apa sih arti viaduct? Viaduct adalah jembatan atau jalan di atas jalan raya, jalan kereta api, di atas lembah atau sungai yg lebar.

Viaduct yang berlokasi di jalan Viaduct Bandung itu lebih ramai karena jika Anda datang ke sana banyak yang bisa dilihat dan dinikmati sekaligus, seperti: jembatan jalan kereta api diatas jalan raya dan diatas sungai, dan sekaligus sering melihat kereta api lewat maklum dekat ke Satsiun Bandung.

Berikut yang bisa dilihat yaitu sungai Cikapundung yang memotong Kota Bandung, ada patung Laswi dan patung Tentara pelajar, ada monument lokomotif, ada gedung tua Kantor PT  KA, ada gedung Indonesia mengugat, dan katanya ada masjid tua tapi saya belum memotretnya, sebelah mana ya?

Inilah objek-objek yang ada di Viaduct itu:

Viaduct 1950. Koleksi Sudarsono Katam & Lulus Abadi

Ini foto lagi asri-asrinya Viaduct, oh mana mungkin bisa kembali. Mengapa disebut Viaduct Kebun Jukut karena di situ juga ada jalan Kebon Jukut

Viaduct dilihat dari sebelah selatan

Viaduct dilihat dari sebelah utara

Patung Laskar Wanita Indonesia

Patung Tentara Pejuang

Monumen Lokomotif Kereta Api

Kantor Pusat PT KA Indonesia

Gedung Indonesia Menggugat

Jika masih penasaran dan kebetulan Anda datang di Kota Bandung kemudian kebingungan kemana dahulu, datanglah ke Viaduct ada di jalan Viaduct, karena di Viaduct banyak yang bisa diaduk -aduk, juga supaya tidak penasaran kalau ke Bandung tidak melihat sungai Cikapundung.

18 thoughts on “Ada Apa di Viaduct Kota Bandung

  1. Oh namanya Viaduct, saya tahunya selama ini cuma jembatan. Kok kosa kata ini jarang digunakan ya Pak, bahasa Belanda kah? Ketimbang terus2 menyebutnya jembatan layang sesekali menggunakan kata viaduct dalam tulisan menarik juga kayaknya ya Pak Eman🙂

  2. Kalau saya lihat lagi di kamus BBI ditulis viaduk, terus dalam bahasa Belanda dan Inggris ditulis viaduct, artinya sama dengan jembatan. Tapi kalau di Bandung nyebut viaduk pasti ditunjukannya ke tempat yang ada jalan kereta apinya dan ogah menunjukan yang lain. He he he saya juga belum berani memakai kosa kata itu untuk sembarang jembatan. wassalam

  3. saya suka foto fotonya pak, terima kasih sdh berbagi🙂

    melihat foto kereta api itu itu, langsung teringat ada juga kota kecil di sini yg masang kereta api spt di foto di tengah tengah kotanya persis di depan restoran yg dulunya itu stasiun kereta api dan dijadikan restoran skrg krn sdh tak berfungsi lagi stasiunnya

  4. terima kasih sudah berkunjung, memang iya banyak yang memajang lok tua sebagai monumen peringatan, di Bandung ada satu lagi di depan Stasiun Bandung itu.

  5. Saya juga sering tidak ngeuh dengan tempat-tempat tertentu yang seyoganya harus tahu, biasanya karena rutinitas lewat begitu saja jika naik kendaraan. terima kasih sudah berkunjung

  6. Memang begitu apalagi waktu terbatas, macet lalu lintas, belum lagi kalau berangkat bareng teman belum tentu sepakat untuk ngiter ke lain tempat. Sesekali coba menyusur Alun-alun, wisata sepanjang Asia Afrika dan Braga, terakhir lihat Cikapundung di Viaduct itu.. pasti berkesan.Terima kasih sudah berkunjung

  7. saya sering ke situ klo hari minggu
    kan tiap minggu pagi suka ada ceramah di situ………..
    tapi bru sekarang tau klo namanya viaduct heheheh

  8. Iya memang banyak yang tidak tahu bahwa tempat itu disebut viaduct, nama itu hanya nama kenangan bagi yang seumuran aki. selamat arie rajin mendengarkan ceramah.wassalam

  9. Garnis, kalau jalan-jalan ke sini enaknya sore-sore, sepulang dari jalan Braga, tapi jangan sedang musim hujan, berjalan kaki saja, terus diakhiri nongkrong di Kebon Raja sambil makan cireng yang masih hangat.. Terima kasih sudah komentar

  10. “sya sempat tinggal di rumah eyang yang tepatnya,,di sebelah mesjid PERSIS.. berhadapan dengan Bank BNI,,tempatnya asri,, klo jalan2 sore udah pasti,,jalan kaki..soalnya tempatnya setrategis,,deket kemana2..pokonya ‘viaduct’ tempat liburan yang sangat berkesan..”

  11. Oh, Anda sungguh beruntung, eta mah Viaduct pisan atuh, Selamat! Terimakasih sudah komentar, wassalam

  12. Sae pisan eta info na kang… saya mah ti Kebon Kawung tapi ari ameung ka balaikota kadang sok ngalangkung ka viaduct…!!!! Hatur nuhun kang..!!!

  13. Dalam kbbi ditulis viaduk, dlm bhs Inggris dan Belanda ditulis viaduct, mungkin saja ada yang menyebut piade atau piaduk. Terima kasih atas komennya, salam kenal kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s