Perda Pengelolaan Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya di Kota Bandung

Written by DR. Harastoeti DH.   16 December 2009

Kriteria Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya
   Mengingat bahwa kegiatan pelestarian kawasan dan bangunan cagar budaya telah dilakukan jauh sebelum dibentuknya Peraturan Daerah ini, Bandung Heritage telah mencoba untuk melakukan studi mengenai kriteria yang dapat dijadikan sebagai ukuran dalam mencari, memilih dan menentukan kawasan maupun bangunan yang layak untuk (atau bahkan harus) dilestarikan. Setelah melalui argumentasi panjang, maka lahirlah kriteria yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah ini, dengan merujuk pada Undang-Undang Republik Indonesia no.5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya, yaitu:
(1) Nilai Sejarah
Hal-hal yang berkaitan dengan peristiwa atau sejarah politik (perjuangan), sejarah ilmu pengetahuan, sejarah budaya termasuk di dalamnya sejarah kawasan maupun bangunan (yang lekat dengan hati masyarakatnya), tokoh penting baik pada tingkat lokal (Bandung atau Jawa barat), nasional (Indonesia) maupun internasional;
(2) Nilai Arsitektur
Berkaitan dengan wajah bangunan (komposisi elemen-elemen dalam tatanan lingkungan) dan gaya tertentu (wakil dari periode gaya tertentu) serta keteknikan. Termasuk di dalam nilai arsitektur adalah fasad, layout dan bentuk bangunan, warna serta ornamen yang dimiliki oleh bangunan. Juga berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan atau menunjang ilmu pengetahuan, misalnya, bangunan yang dibangun dengan teknologi tertentu atau teknologi baru (termasuk di dalamnya penggunaan konstruksi dan material khusus). Bangunan yang merupakan perkembangan tipologi tertentu.
(3) nilai ilmu pengetahuan
Mencakup bangunan-bangunan yang memiliki peran dalam pengembangan ilmu pengetahuan, misalnya ITB, UPI, Museum Geologi.
(4) nilai sosial budaya (collective memory)
Berkaitan dengan hubungan antara masyarakat dengan locusnya.
(5) umur
Berkaitan dengan umur kawasan atau bangunan cagar budaya. Umur yang ditetapkan adalah sekurang-kurangnya  50 tahun. Semakin tua bangunan, semakin tinggi nilai ke-‘tuaannya’.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s