Ka Malang, Ya KA Malabar Lah..!

Tempo hari saya telah menulis mengenai Jadwal Perjalanan Kereta Api Malabar  singkatan dari Malang Bandung Raya. Beberapa informasi sudah saya dapatkan, dan rencana sudah dimatangkan. Rencana dari Bandung datang ke Kota Malang adalah untuk menghadiri akad dan resepsi pernikahan keponakan yang tinggal di Yogyakarta akan tetapi calon  istrinya putri Malang.

Alasan lain adalah sa-umur-umur sayabelum pernah menginjakan kaki di Kota Malang, padahal sudah ada kesempatan, hitung-hitung rekreasi, meski usia saya, istri, dan seorang kakak sudah lansia, asal sedang kondisi sehat happy-happy saja dong untuk jalan-jalan. Jadi karena kami sudah berumur diatas 60 tahun, maka mendapatkan potongan harga tiket sebesar 20%. Akan tetapi agak kecewa karena ternyata meskipun perjalanan selama 17 jam tapi kami tidak mendapatkan pembagian makanan gratis dari restorasi.

Perjalanan dengan Kereta Api menurut saya lebih menyenangkan, karena bisa duduk santai, bisa berdiri, bisa berjalan-jalan, dan juga bisa ke kamar kecil yang disediakan meskipun masih jauh dari memuaskan. Naik KA juga jadi teringat nyanyian Naik Kereta Api:

Naik Kereta Api

Tut tut tut siapa hendak turut

Ke Bandung Surabaya

Bolehlah naik dengan percuma

Ayo kawanku lekas naik

Keretaku tak berhenti lama.

Kata orang he he he mengapa dulu KA sering merugi karena nyanyian ini, karena ada kalimat:  “Bolehlah naik dengan percuma”, jadi banyak yang ingin gratis, itu dulu sekarang harus alias kudu membeli karcis jika ingin naik kereta api.

Nah, inilah tiketnya sudah saya beli

Tiket KA Bandung - Malang

Harga tiket Eksekutif sebesar Rp 265.000 akan tetapi karena mendapat potongan untuk lansia harganya menjadi Rp 212.000.

Inilah Kereta Api Ekspres Malabar:

KA Malabar BDG-Malang Siap Berangkat

Kereta Api sudah siap berangkat. Ketika sedang memotret KA saya sempat ditegur oleh satpam yang sedang bertugas di situ, katanya kalau bukan penumpang dan jika ingin memotret harus mempunyai izin dahulu. Tapi karena saya penumpang KA tersebut jadi boleh saja! Sumprit baru tahu aturannya begitu.

Persis jam 15:30 KA Malabar mulai bergerak dan selanjutnya berjalan dengan lancar, dengan suara kereta api yang monoton, jugjreg.. jugjreg.. jugjreg!

Inilah bagian dalam gerbong eksekutif:

KA Malabar Gerbong Eksekutif

Dan di bawah ini adalah gerbong Kelas

KA Malabar Gerbong Kelas

Gerbong eksekutif memakai AC, sedangkan gerbong kelas memakai kipas angin.

Karena sudah saya sebutkan bahwa selama perjalanan tidak diberikan makanan, untung istri saya membawa persiapan konsumsi cukup memadai sehingga urusan perut beres sudah. Memang iya bisa makan di restorasi akan tetapi tarif makanannya cukup mahal, lihat saja harga dari menu di bawah ini:

Menu Makanan di KA Malabar

Setelah lewat Tasikmalaya di luar KA hari sudah mulai gelap, tidak ada lagi yang bisa dilihat, meski berhenti di beberapa stasiun lagi seperti Stasiun Banjar, akan tetapi tetap saja tak kelihatan, oleh karena itu setelah cukup makan, membaca koran, dan juga membaca dua buah buku tipis bawaan sampai tamat.. lalu mata sudah tidak kuat lagi menahan kantuk, dan ahirnya tertidur. Sementara KA terus berjalan Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Kertosono.

Dan.. sampailah pagi hari di Kediri, baru di luar terang benderang, kereta api tetap bersuara monoton jugjreg.. jugjreg.. jugjreg..! lalu Blitar, dan.. sampailah di Stasiun Baru Malang, inilah tanah Kota Malang yang untuk pertama kalinya saya injak.

Bersambung..

 

5 thoughts on “Ka Malang, Ya KA Malabar Lah..!

  1. Seru nih Pak jalan-jalan naik keretanya. Saya sudah lama gak naik kereta berlama-lama begini, 17 jam? Pegal gak sih Pak?

  2. Ibu karena masih muda pasti lebih kuat, saya lansia nyaman saja, pegal sedikit tak mengapa. Malahn istri saya menyebutkan perjalanan itu hanya 4 jam, karena sisanya dari 17 jam itu dipakai tdur he he he.

  3. Pingback: Pilih-pilih Kereta Api, Yuk! « My Mind

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s