Bakiak, Alas Kaki dari Kayu

Sepasang Bakiak

Alas kaki terbuat dari kayu yang ringan, berbahan kayu jenis albasiah, terus dibuat pengikatnya dari karet ban bekas dan dipakukan di kedua sisinya. Nama sandal jenis  ini bahasa Jawanya bakiak atau bangkiak, orang Sunda ada yang menyebut barang ini dengan keletek mungkin meniru bunyinya kalau memakainya setengah diseret di jalan berbatu atau beraspal akan berbunyi kletek..kletek..kletek.

Bukankah kita juga memberi nama tas dari plastik tipis dengan kresek atau keresek, karena kalau digunakan atau jika memasukan sesuatu ke dalamnya akan berbunyi kresek..kresek..kresek.

Bakiak atau keletek dahulu sangat populer karena murah untuk sekedar alas kaki, akan tetapi sekarang mungkin bersaing dengan sendal jepit plastik yang juga murah meriah. Sepasang keletek sekarang berharga sekitar Rp 5.000,  sendal jepit plastik pun harganya kurang lebih saja. Apalagi nanti ke depan kayu akan semakin langka, mungkin harga keletek akan lebih undak lagi.

Bakiak berbaris di depan pintu masuk rumah

Bakiak sampai sekarang masih banyak dipakai di mushola atau surau di perkampungan. Alasannya mungkin sederhana saja pertama harganya masih murah atau bahkan orang yang rajin bisa membuat sendiri. Keduanya, keterlaluan deh kalau masih digondol maling sendal yang marak di masjid-masjid.

Keletek tidak dipakai jarak jauh apalagi untuk jalan-jalan, dan apalagi jangan sampai memakai keletek ke mal, he.. he.. he… Hanya digunakan jarak dekat saja  misalnya untuk sekedar alas kaki kalu mengambil air wudhu dimasjid, atau hanya sekedar keluar rumah dari pada nyeker.

Jika ingin agak modis tapi tetep ingin memakai bakiak ke undangan atau bahkan ke mal, belilah kelom geulis produk Tasikmalaya Jabar. Kelom Geulis khas Tasikmalaya adalah sandal wanita yang indah dan menarik ini mempunyai ciri khas, yakni diukir dan dicat seperti kain batik.

Karena kelom geulis juga dibuat dari bahan kayu ringan, maka jika dipakai terus agak setengah diseret tetap berbunyi kletek.. kletek.. kletek.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s