Kandang Hewan Qurban di Tengah Kota

Hari Minggu depan tanggal 6 November 2011 jika Allah menghendaki maka akan sampai kepada hari raya Iedul Adha atau hari Raya Qurban. Seperti dalam Al Quranul Karim surat : Ash-Shaaffat Ayat : 107 yang berbunyi : Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.

Sesudah nyata kesabaran dan keta’atan Ibrahim dan Ismail a.s. maka Allah melarang menyembelih Ismail dan untuk meneruskan korban, Allah menggantinya dengan seekor sembelihan (kambing). Peristiwa ini menjadi dasar disyariatkannya Qurban yang dilakukan pada hari Raya Haji.

Tidak aneh banyak kaum muslimin yang mampu untuk melaksanakan qurban mengikuti syariat ibadah ritual dan sekaligus melakukan ibadah sosial dengan membagikan daging qurban kepada merekayang membutuhkannya, pemerataan protein hewani kepada kaum dhuafa.

Beberapa tahun belakangan ini setiap menjelang hari raya Qurban dibeberapa titik di Kota  Bandung banyak bermunculan “showroom” dadakan hewan qurban, biar para muqorib bisa memilih hewan qurbannya yang baik khususnya yang sesuai dengan syariat. Mereka yang memilih khewan qurban bak memilih mobil yang akan dibeli lebih santai, lebih leluasa, dan lebih bersih sekalian mengajak keluarga.

Kandang hewan di tengah kota 1

Kandang hewan qurban di tengah kota 2

Kandang hewan qurban di tengah kota 3

Dengan adanya showroom dadakan yang lebih sehat diharapkan menunjukkan adanya kemajuan dalam memperlakukan hewan khususnya hewan qurban. Tempatnya lebih besar, persediaan makanannya terpenuhi, tidak begitu saja digelar dilapangan seadanya dimana hewan diperlakukan sebagai barang jualan semata, makanan, kesehatan tidak terurus bahkan menderita karena hujan dan kepanasan.

Saya kira kita harus mulai untuk memperlakukan mahluk Allah SWT yang lain yakni binatang lebih “hewani”. Mungkin ke depan akan lebih maju bagaimana penyembelihan yang lebih baik dan tidak lebih menyakiti hewan qurban sendiri. Bahkan juga umumnya cara penyembelihan hewan yang lebih baik di pejagalan atau di rumah pemotongan hewan. Semoga

4 thoughts on “Kandang Hewan Qurban di Tengah Kota

  1. Bagaimanapun cara memperlakukannya, hewan tersebut bernama “qurban”, Pak..Dari sisi peri hewani, itu yg sedikit mengganggu hehehe…

  2. Bu, kadang saya berhayal bagaimana kalau sebelum disembelih dilakukan pembiusan dahulu, mungkin hewannya tidak terlalu menderita. Tapi.. apakah itu memenuhi syariat ya? Mungkin yang mudah saja dahulu yaitu pisaunya yang sangat tajam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s