Warung Kopi di Jln Alkateri Bandung

Biasanya kalau di Bandung menyebut warung kopi, tak lebih dari tempatnya di pinggir jalan dimana ada dipasang bangku tempat duduk ala kadarnya terus pembeli duduk sambil minum kopi dari “angkringan” jadi betul-betul hanya sekedar minum kopi.

Terus juga belakangan ketika kopi sudah dikemas bersatu dengan gula dalam satu sachet malahan minuman kopi dijajakan keliling menemui pelanggan dimana saja penjaja dagangan sekaligus membawa termos air panas.

Tahun 80 – 2000 ketika saya masih bekerja di perantauan setiap kali datang ke kota Samarinda atau juga Balikpapan merasa agak heran banyak dijumpai warung kopi bertempat di toko, dengan kursi dan meja tertata rapi, jadi betul-betul tempatnya cukup nyaman dan betah untuk duduk berlama-lama sambil ngobrol.

Tempat minum kopi yang serius dan bergensi juga saat ini banyak ditemukan di mal dengan berbagai macam kopi yang enak dan bercita rasa sekaligus merupakan minuman kelas atas.

Warung Kopi di Jln Alkateri

Nah, ketika saya berjalan-jalan lewat jln Alkateri Bandung ternyata ada  warung kopi seperti yang saya lihat di Samarinda dan Balikpapan. Nah jika diperhatikan para pelanggan yang hadir kebanyakan adalah warga keturunan Cina yang ngobrol bisnis berlama-lama sambil minum kopi lengkap dengan berbagai macam kue. Maklum wilayah jalan Alkateri adalah tempat yang padat dengan berbagai kegiatan ekonomi jual beli. So pasti penggeraknya yang piawai adalah orang Cina yang barangkali sudah lama bermukim di daerah ini. Apalagi jalan Alkateri dekat dengan jalan Pecinan wilayah Pasar baru Bandung.

4 thoughts on “Warung Kopi di Jln Alkateri Bandung

  1. Kopi Aroma yang ada di jln Banceuy? Iya dekat dari Warung Kopi Alkateri, memang yang robusta enak.

  2. Iya pak Eman..yg kalau kita beli langsung digerus itu. Kalau yang arabika memang tidak cocok buat lidah orang Indonesia sepertinya…kurang nendang mak deb! kalau kata orang jatim mah..hehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s