Tempat Belanja Zaman Dulu di Bandung

Zaman dahulu, dimaksud adalah tahun 60 – 70-an ketika jalanan di Kota Bandung tidak sepadat sekarang, baik padat oleh kendaraan bermotor atau padat karena pedagang kaki lima. Hampir dari berbagai tempat di Bandung dahulu selalu  ada angkutan berupa oplet atau bemo jurusan ke Alun-alun Bandung.

Nah, saat itu jika ada keperluan belanja yang terpikir Alun-alun Bandung. Perlu sepatu, sendal, tas, serta berbagai pernik ada di Pasar Kota Kembang. Perlu brukat, sutra, dan bahan celana pria, ada di toko Kishordas. Dan kalau bahan celana pria sekalian menjahit ada di lantai satu hotel Swarha. Ingin membeli pakaian anak sampai dewasa so pasti dari dahulu yang murah meriah di Pasar Baru Bandung yang terkenal sampai sekarang.

Itulah yang saya ingat ketika baru-baru ini jalan-jalan di seputar Alun-alaun Bandung. Inilah sebagian tempat belanja umum masyarakat Bandung saat itu, ternyata masih ada:

Pasar Kota Kembang Bandung

Di Pasar Kota Kembang selalu ada sepatu, sandal, tas, kopor, dsb.

Kishordas

Dulu sangat terkenal iklan di RRI Bandung “Kiss?”  “No!”, “Hordas?”  “Yes!”. Ya di Kishordas bahan pakaian dari sutra sampai brukat selalu tersedia.

Swarha

Rasanya zaman tahun 60-an di Bandung jarang toko-toko yang menjual pakaian sudah jadi, semuanya harus menjahit dahulu. Di lantai satu hotel Swarha (Sekarang hotelnya sedang tidak terurus) dahulu beli bahan celana dan langsung dengan  menjahitnya ada di sini.

 

5 thoughts on “Tempat Belanja Zaman Dulu di Bandung

  1. Waduh..maaf saya cuma motret dari seberangnya jalan Asia Afrika dimana toko Kishordas berada. Terima kasih sudah berkunjung

  2. saya adalah sodara jauh nya saya keturunan dri kishordas dari kakek krna kishordas mnikah lagi dengan istri kedua dan kake saya anak dri istri pertama tolong bntu supaya saya bisa tau yang mna pemilik toko nya y tolong bntu tuk dapat kn poto kishordas

  3. Maaf sepertinya tak bisa saya hanya sekedar lewat, kalau alamat dari searching di google adalah: Jl. Asia Afrika No. 46
    Kel. Balong Gede – Kec. Regol
    Bandung – 40241

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s