Menebang Pohon

Tetangga yang tinggal di seberang dari sepetak kebun saya, yang adalah teman saya juga, merisaukan pohon kayu yang menjulang tinggi di dekat rumahnya. Pohon yang tumbuh di tanah milik saya itu memang sudah agak tua, dan saya memang memaklumi jika dia merasa khawatir jika tumbang akan menimpa rumahnya. Saya segera merencanakan untuk memotong pohon kayu tersebut.

Menggergaji zaman baheula

Seingat saya dahulu masa kecil ketika masih tinggal di kampung sana, kalau menebang pohon dengan mempergunakan kapak, kemudian kayunya dipotong-potong sesuai keperluan, lalu digergaji menjadi kayu balokan atau dibuat papan. Seperti gambar di samping ini.

Mula-mula saya sempat bingung, bagaimana saat ini kalau menebang pohon agar aman dan selesai tidak kurang satu apapun. Eh, ternyata ada tukangnya yang bisa diminta dan dibayar untuk memotong kayu, membereskannya sampai batang dan daunnya beres dan bersih kembali. Bahkan akhirnya, karena saya sedang tidak perlu kayu, maka pohon tersebut dibeli oleh pemotong pohon tersebut.

Pelaksanaan pemotongan kayu tersebut saat ini ternyata menggunakan mesin pemotong kayu atau jigsaw, tidak dengan kapak seperti jaman dahulu. Hanya deru suara mesin jigsaw saja yang terdengar kemudian secara cepat pohon tumbang ke arah yang diinginkan karena menggunakan tali penarik.

Mesin Pemotong Pohon

Dengan menggunakan mesin pemotong pohon, tumbang sudah pohon  tersebut.  Demikian juga nampaknya untuk membelah-belah batang pohon sudah tersedia mesin pembelah kayu, seperti gambar di bawah ini.

Mesin pembelah kayu, tahun 1925

Selesailah sudah menebang pohon yang menghawatirkan keselamatan tetangga sebelah kebun itu.

Leave a Reply

