Wibawa Jaksa Dimata Somah Zaman Kolonial Belanda

Sebetulnya ceritanya tidak seserius judulnya, saya hanya iseng posting  saja atas khasanah yang ada dalam cerita rakyat somahan di tanah Pasundan zaman dahulu.

Yang dikatakan takut Anda tahu bukan, yaitu merasa gentar (ngeri) menghadapi sesuatu yg dianggap akan mendatangkan bencana. Entah bagaimana zaman dahulu kaum paria atau golongan somah sering merasa takut apabila harus berhadapan dengan orang Belanda, barangkali karena menaklukan tanah jajahannya dengan kekuatan militer.

Bukan hanya dengan orang Belanda saja perasaan takut itu timbul, tapi juga terhadap petugas/aparat pemerintahan, petugas keamanan, polisi, dan tentara. Ada satu lagi yang paling ditakuti adalah apabila harus bertemu atau beurusan dengan Jaksa. Saya mengira mungkin panggilan “Jaksa” untuk sebutan terhadap aparat pemerintah tadi yang saya sebutkan dan yang ditakuti kaum tertindas itu.

Jaksa Bandung dengan dua orang pengiringnya (abad ke 19). Koleksi KITLV Afd. Documentatie Geschiedenis Indonesie, Leiden

Nah, konon bukan hanya manusia yang takut dengan yang namanya jaksa akan tetapi makhluk lain pun takut oleh Sang Jaksa termasuk pohon buah-buahan. Ketakutan pohon buah-buahan atas jaksa dimanfaatkan oleh pemilik pohon untuk menakut-nakuti pohon tersebut.

Jika pohon jengkol, petai, nangka, rambutan, atau pohon buah-buahan lain tidak saja mau berbuah padahal melihat umur dan tumbuh baiknya pohon, mestinya sudah berbuah. Maka jika “bandel” tidak berbuah saja ada baiknya diancam, ini dalam bahasa Sunda, sambil memegang batu yang lumayan besar lalu ancaman atau menakut-nakuti pohon dimaksud dimulai:

Lamun sia teu buahan bae engke ku aing dituar kaina rek diragaji tuluy dipake keteb kuburan Jaksa!” Sembari pohonnya dipukul dengan batu tiga kali.

“Jika kamu tidak berbuah saja nanti oleh aku akan ditebang kayunya akan digergaji terus dipakai kayu penutup liang lahat kuburan Jaksa!”

Arkian si pohon yang dikutuk itu dimusim berikutnya mulai berbuah, karena takut dijadikan keteb jaksa

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s