Bangunan Toko Lama di Kosambi Bandung

Pertokoan lama di Kosambi Bandung

Toko-toko yang berderet di sisi kiri kanan jalan kawasan Kosambi Bandung masih kelihatan beberapa yang sudah berumur kurang lebih satu abad.

Jika dibandingkan dengan “Pertokoan Kodros”, dan toko “Bandung Baru” di jln ABC Bandung yang diperkirakan dibangun tahun 1910- 1920. Pertokoan tersebut telah diinventaris sebagai bangunan warisan budaya Bandung.

Toko-toko di Kosambi tersebut kalau dihitung sejak zaman kolonial Belanda yaitu ketika dibuatkan jalan Groote Postweg oleh Daendels pada sebutlah tahun 1910 mungkin sudah berumur sekitar 100 tahun.

Pertokoan lama di Kosambi Bandung

Kosambi dan kawasan Cicadas Bandung, meskipun mempunyai banyak toko lawas, adalah merupakan dua titik yang paling sareukseuk, tidak enak dipandang mata, dimana sudah puluhan tahun kaum PKL menggunakan trotoar untuk lahan berjualan.

Bukan hanya PKL yang tidak pernah rapih itu saja yang menghalangi pemandangan ke toko-toko berusia tua itu, tetapi juga tempat parkir mobil yang persis berada di muka toko makin menutupi keberadaan dan keindahan  toko-toko lawas tersebut.

Pertokoan lama di Kosambi Bandung

Ngomong-ngomong soal lokasi PKL ternyata Kosambi tidak termasuk 7 titik yang sering disebutkan jangan ada pkl, 7 titik itu adalah  Jln. Otista, Dewi Sartika, Dalem Kaum, Merdeka, Asia Afrika, Kapatihan, dan seputar Alun-alun.

Jadi, kawasan Kosambi tidak menjadi prioritas untuk ditertibkan dan dirapikan maka kekumuhan akan terus nampak.

Padahal kalau tidak ada PKL akan nampak sederetan bangunan lama yang elok dan artistik dan Kosambi akan nyaman dipandang.

Kasihan memang pertokoan di Kosambi Bandung itu.

3 thoughts on “Bangunan Toko Lama di Kosambi Bandung

  1. Saya juga heran Kang, dua kali masa jabatan Kang Dada masih berkutat di tujuh titik. Kawasan Cicadas sempat bersih dari PKL sebentar pada jaman walikota Wahyu Hamijaya. Tidak bertahan lama karena kemudian masuk dalam krisis ekonomi secara nasional dan PKL marak kembali.

  2. Yah sementara kita syukuri saja dulu apa yang ada, semoga ke depan lebih baik lagi. Terima kasih sudah mampir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s