Rendah Hati Dalam Berpuasa

Sodara, maafkan saya jika membicarakan soal puasa, sama sekali tidak bermaksud mengumumkan bahwa saya atau seyogianya umat Islam akan atau sedang menjalankan ibadah puasa, dan menuntut untuk diistimewakan.

Tidak terasa hari berganti tiba-tiba sudah datang ke bulan Puasa, bulan dimana bagi mereka yang menjalankannya melakukan salah satu ibadahnya yakni menahan diri dari perbuatan tertentu (artinya yang membatalkan puasa) dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari dan itu sebulan penuh.

Sodara, sederhananya sebagaimana kereta api harus berhenti di setiap stasion, maka kita pun sesekali berhenti dari rutinitas mendahulukan nafsu “serakah” mendahulukan perut atau makan, makan, dan makan. Mari kita ngarandeg, istirahat sejenak dalam mengarungi kehidupan ini yang kadang melelahkan mengejar sesuatu yang konsumtif khususnya makanan.

Sodara, bismilah sebulan ini kita tidak hanya merenung akan tetapi merasakan berpuasa, kita melakukan hal berbeda dengan rutinitas kita sehari-hari. Yakini bahwa tidak semata-mata Tuhan menyuruh berpuasa kalau tidak ada manfaatnya minimum adalah untuk diri kita sendiri yaitu menjadi manusia yang sholeh ritual dan sholeh sosial, bermanfaat bagi khususnya sesama manusia umumnya bagi rahmatan lil alamin.

Sodara, mari kita saling bermaafan menjelang puasa ini biar kita bersih hati dan bersih pikiran memasuki Ramadhan ini agar Tuhan ridha atas pekerjaan kita selama hidup di dunia ini.

Mari juga kita memohon maaf kepada seisi dunia ini jika kita dalam menjalankan ibadah puasa ini telah berbuat semena-mena, telah membuat riuh ramai, telah membuat jalanan macet, telah membuat toko, mal, pasar, menjadi berjejal penuh sesak sehingga menyulitkan yang lain, dan maafkan jika karena puasa menyebabkan harga barang konsumsi menjadi naik karenanya.

Dan Sodara maafkan saya jika tidak berkenan.

Aku berniat puasa bulan ini karena semata diwajibkan oleh Allah SWT, amien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s