Gedung “Hebeo” PLN Bandung

Gedung PLN Bandung Tahun 2011

Meskipun sejak tahun 1963 saya sudah menjadi penduduk Kota Bandung, tapi ternyata apa yang disebut Gedung Balai Sumur Bandung terus terang belum tahu secara jelas. Mungkin pertama karena perhatian tidak terpusat ke gedung ini, keduanya biarpun saya sudah lama menjadi warga Bandung, eh malah mengembara ke Kalimantan selama 20 tahun lebih. Jadi balik lagi ke Bandung ketika tahun 2001. Meski sudah 10 tahun berada lagi di Kota Bandung pun pengetahuan saya akan Gedung Sumur Bandung tetap tak nambah.

Dari pada saya mendapat malu yang lebih besar lagi maka ketika ada kesempatan jalan-jalan ke Alun-alun Kota Bandung saya memotretnya beberapa kali.

Inilah yang belakangan saya baru tahu bahwa ternyata gedung ini adalah Gedung PLN Bandung, yang disebut juga Gedung “Hebeo” terletak di jln Asia Afrika No. 63 Bandung.

Gedung PLN Bandung Tahun 1930.

Kemudian juga saya mendapat keterangan dan foto gedung ini dari buku “Album Bandoeng Tempo Doeloe” oleh Sudarsono Katam dan Lulus Abadi.

Sejarah singkat Balai Sumur Bandung adalah sbb:

Gedung Balai Sumur Bandung, dibangun dengan gaya arsitektur art deco tempo dulu.

Terletak di sudut jalan Asia Afrika dan jln Cikapundung.

Yang membangun gedung ini adalah Schoemaker  seorang arsitek terkemuka Belanda. Karya lain Schoemaker adalah, Gedung Merdeka, Grand Hotel Preanger, Villa Isola, Gedung Boscha Observatory, Masjid Raya Cipaganti, Gereja Santo Petrus Katedral, Gereja Bethel, Gedung makodiklat TNI AD, dan LP Sukamiskin.

Lalu mengapa orang Bandung sering menyebutnya gedung “Hebeo”, karena Gedung Perusahaan Listrik Negara (PLN) semula merupakan gedung Gemeenschapplijk Electriciteit Bedrijf en Omstreken voor Bandoeng yang disingkat menjadi GEBEO dan dibaca hebeo begitu!

Sementara itulah yang baru bisa saya ceritakan.

Leave a Reply

