Danau Gasibu

Danau Gasibu

Jika Anda jalan-jalan  sekitar Gasibu di jalan Diponegoro Bandung, atau persisnya diujung jembatan Pasupati sebelah kanan akan kelihatan kolam besar, saya rela menamainya Danau Gasibu. Danau ini mungkin sudah agak lama keberadaannya di sana (2 tahun?) tapi dahulu tertutup pagar seng. Sekarang memang masih dipagar akan tetapi pagarnya dengan pagar tembok dan teralis terbuka.

Danau ini sangat strategis kalau saja dipelihara lebih baik, misal diisi ikan yang beraneka ragam, ditanami bunga teratai, terus di pinggirnya ditanami pepohonan yang rindang dan dibuatkan taman. Kawasan itu jika dipelihara dan dijaga akan kelihatan menjadi kawasan yang asri dan tentu menarik. Kawasan ini jauh dari lokasi perumahan atau hunian umum, jadi tidak akan kumuh asal pandai-pandai memelihara dan menjaganya.

Situ Aksan yang dahulu jadi tempat rekreasi dan kebanggaan urang Bandung  kini sudah tiada, ada baiknya diganti, meski ini berukuran kecil, dengan Danau Gasibu.

Danau Gasibu

Sekarang ini Danau Gasibu masih belum terurus dengan baik padahal jika dijadikan taman untuk bermain terus ditengahnya dibuatkan air mancur tentu menjadi tempat hiburan dan tempat istirahat bagi mereka yang kepenatan dalam mengarungi kehidupan ini.

Akan menjadi tempat hiburan bagi mereka yang sedang gundah, akan menjadi tempat menggali inspirasi bagi para seniman, tempat ngumbar kawaas sambil melihat Gedung Sate yang bernuansa putih nan anggun.

Semoga minimum pengawasan dan pemeliharaan Danau Gasibu agar tidak jadi semak belukar  sudah menjadi agenda dan tanggung jawab Pemda Kota Bandung. Semoga!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s