Kantor Bupati Ciamis

Logo Kabupaten Ciamis

Masa kecil saya sampai tamat SMP tinggal di kampung nun jauh di sana di sebuah kecamatan yang bernama Cipaku Kabupaten Ciamis. Termasuk anak yang dusun meledug; orang kampung banget, karena saat itu baru dua kali saja menginjak kota Ciamis.

Setamatnya SMP melanjutkan sekolah menengah di kota Bandung, jadi saya termasuk “Sunda tembak langsung”, he he he,  saya terilhami ungkapan “Batak tembak langsung”, katanya orang Batak yang merantau ke Jakarta banyak yang tidak mengenal kota Medan dulu akan tetapi langsung dari Tarutung ke Jakarta.

Nah, jadi meskipun di Bandung suka cerita berasal dari Ciamis akan tetapi sebetulnya tidak kenal kota Ciamis secara detil, apalagi tentang bangunannya terutama bangunan tua peninggalan jaman baheula.

Kantor Bupati Ciamis

Pada kesempatan acara silaturahmi keluarga menjelang Ramadhan baru-baru ini di kampung, dan sewaktu melewati kota Ciamis saya merasa tertarik dengan gedung Kantor Bupati Ciamis. Makanya saya memotretnya dahulu keterangannya nanti saja akan mencari-cari dahulu.

Mengapa saya merasa tertarik, karena bangunan gedung tersebut mirip sekali dengan bangunan tua di kota Bandung yang buatan Belanda. Sebagai contoh misal Kantor Gubernur Jabar di Gedung tua Gedung Sate. Demikian juga Kantor  Wali Kota Bandung di Kotapraja adalah bangunan lawas.Tapi bangunan tua di Kota Bandung sudah banyak yang menulis bahkan sudah diinventaris secara rinci gedung mana saja yang dianggap gedung yang perlu dilindungi.

Bangunan Kantor Bupati Ciamis

Ketika akan menulis di blog ini tentang Kantor Bupati Ciamis terutama sejarah gedungnya ternyata saya belum berhasil menemukannya. Demikian juga di situs resmi Kabupaten Ciamis belum ditemukan keterangan apakah bangunan itu termasuk bangunan tua atau bukan. Maklum saya bukan ahli sejarah demikian juga apalagi ahli banguna atau arsitek, hanya kebetulan merasa tertarik dengan bangunan tua yang harus dilindungi agar bisa dinikmati generasi penerus. Karena mungkin saja seperti bangunan lama akan tetapi ternyata hanya meniru gayanya saja tapi bangunannya ternyata baru.

Jadi sebagai catatan permulaan sampai di sini saja dahulu siapa tahu ada yang sambung sarungsum; keterangan tambahan tentang Gedung Kantor Bupati Ciamis ini.

 

One thought on “Kantor Bupati Ciamis

  1. Menurut Faizal Emirza, SE bahwa Gedung kabupaten Ciamis dibangun oleh RAA Kusumadiningrat, sekitar akhir abad ke 19. Sementara itu update dari saya

Leave a Reply

