Hulu Sungai

Melihat, mengamati, dan menikmati pemandangan yang dihiasi dengan  sungai yang mengalir berliku-liku sungguh menyenangkan dan sekaligus menentramkan.  Pergi berwisata ke daerah yang ada sungainya sangat menyejukan sebagai pengganti penglihatan suasana di kota dengan lalu-lintasnya yang padat.

Sungai Cimanggis Pasirmukti

Ada bagian hulu juga ada bagian hilir sungai. Umumnya di tanah Pasundan bagian ke hulu sungai ada di daerah pegunungan, airnya masih jernih dan aliran airnya masih deras. Karena airnya mengalir cukup deras sehingga menimbulkan erosi dan sepertinya erosi oleh air mengalir ini menyebabkan tergalinya batu-batu yang tadinya terkubur. Batu batu yang puluhan tahun bahkan lebih tergerus aliran air menyebabkan permukaan batu menjadi halus dan licin. Bahkan di salah satu sungai ada batunya yang datar cukup luas, dan bisa dipakai tempat sholat.

Semakin ke hilir sungai akan mengalir ke dataran rendah yang biasanya seluruh sungai terendam air, sehingga batu-batu tidak muncul tidak kelihatan, tidak seperti di hulu sungai.

Kembali ke hulu sungai, perpaduan antara jernihnya air yang mengalir, batu-batu berbagai bentuk yang permukaan halus itu terhampar di sepanjang hulu sungai, menambah keindahan alam apalagi kalau mendengar gemericiknya atau kadang sedikit gemuruh suara air yang deras mengalir dimana Maha Besar Tuhan telah menciptakan sistem keseimbangannya.

Perpaduan kali bersih dan tempat wisata

Di lembah-lembah dimana air hulu sungai mengalir banyak pengusaha yang jeli membangun kawasan hotel dan tempat rekreasi untuk orang kota yang kepenatan.

Misalnya di daerah Puncak dan Pasirmukti yang berada di tanah Pasundan, banyak didirian hotel yang lokasinya menghadap ke sungai yang menyuguhkan pemandangan sungai yang memanjakan mata.

Hulu sungai yang elok harus tetap dipelihara, jangan membuang limbah hotel maupum pemukiman atau juga kawasan rekreasi membuang kotoran domestiknya ke kali. Terutama juga disiplin pengunjung jangan sekali-kali membuang sampah ke sungai, sebab nanti sungai akan menanggung beban yang berat jika mulai dari hulu sampai hilir jadi penampungan sampah.

Perpaduan kali bersih dan tempat wisata

Pengusaha yang mendirikan kawasan hotel maupun tempat rekreasi harus menyisihkan dana yang memadai untuk pemeliharaan sungai tersebut agar sungai tetap kelihatan cantik dan elok. Tetaplah sungai dipelihara agar anak cucu kita bisa lebih lama menikmatinya.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s