Jalan Kereta Api Kiaracondong Bandung Berpagar

Lintasan kereta api dipagar

Jalan Kiaracondong adalah termasuk jalan yang paling padat di Kota Bandung. Apalagi di lokasi pasar Kiaracondong sebutannya bukan hanya padat tapi super padat dimana yang paling seringnya adalah kemacetan.

Dahulu sebelum ada jalan layang Kiaracondong daerah ini mungkin paling padat oleh lalu lintas dan orang di seluruh dunia. Ini bisa dimaklumi karena jalannya sudah cukup ramai, ditambah dengan adanya pasar yang sekaligus tumpah kesana kemari, lebihnya lagi adanya lintasan kereta api, juga disiplin khususnya sopir angkot masih belum semuanya baik.

Saya belum mengadakan survey untuk memperbandingkan sebelum dan sesudah adanya jembatan layang, apakah lalu lintas kendaraan dan orang lebih baik atau sama saja?

Baru-baru ini saya naik angkot tidak seperti biasa lewat jembatan layang akan tetapi melalui bawah yang super macet itu, karena angkotnya lebih banyak berhenti dari pada majunya,  saya sempat mengamati sesuatu yang baru saya lihat yaitu jalan kereta api dipagar/diberi pintu. Dan sekali lagi karena banyak macetnya saya sempat memotret jalan KA yang dipagar itu.

Untuk mencari jawabannya, saya ingin menduga-duga bahwa fungsi dari pagar/pintu yang menghalangi jalan kereta api itu adalah:

  • Jika ada kereta api datang maka yang akan terjadi adalah pertama pagar jalan kereta api akan dibuka.
  • Kemudian jalur kendaraan umum akan ditutup dan setelah aman baru kereta apai bisa lewat.
  • Demi keamanan pejalan kaki agar terhindar dari misalnya tiba-tiba ada kereta apai nyelonong datang.
  • Karena jalan kereta api ini dekat Stasiun Kiaracondong, maka agar jangan sembarangan orang bisa masuk ke area stasiun makanya jalan kereta apinya ditutup.

Demikian pengamatan saya sementara ini.

Leave a Reply

