Tempat Pulang Kaum Pensiunan

Kami para pekerja perantauan sekaligus para transmigran, memulai bekerja di salah satu BUMN yang berlokasi di Kalimantan Timur. Sejak mulai bekerja kami sudah menandatangani kontrak kerja sekaligus cabut dari tempat tinggal asal. Misal asal Surabaya pindah menjadi warga baru di tempat kerja yang baru itu. Demikian juga mereka yang berasal dari Bandung, Palembang, Padang, Makasar, harus pindah dari tempat asalnya menjadi warga baru di Kalimantan Timur itu.

Ketika kami mulai bekerja kebanyakan masih berusia belum 35 tahun bahkan para pemuda yang fresh graduates yang berusia 20 tahunan keatas sudah mulai bermukim di tempat baru itu. banyak dari kami yang masih bujangan, kalaupun sudah berumah tangga masih mempunyai anak-anak yang ketika pindah masih berusia taman kanak-kanak.

Tahun demi tahun kami bekerja dalam satu kompleks dimana perumahan juga disediakan oleh perusahaan. Bukan hanya rumah demikian juga fasilitas lainnya perlengkapan rumah, transportasi, sekolah untuk anak-anak dari TK sampai SMA, sarana untuk berolah raga, dsb disediakan oleh perusahaan.

Tak terasa sambil terus bekerja, usia pelan-pelan tapi pasti merayap bertambah, demikian mereka yang masih bujang dan masih gadis ketika dulu saat permulaan bekerja selanjutnya berumah tangga dan beranak pinak.

Karena di kompleks perkampungan perusahaan tidak ada sekolah lanjutan setelah SMA, maka setelah anak-anak menyelesaikan pendidikan SMA nya anak-anak pegawai itu banyak yang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Banyak dari mereka memilih perguruan tinggi yan berlokasi di kota-kota besar di P. Jawa. Kota yang dituju oleh anak-anak diantaranya adalah Jakarta, Bandung, Jogya, Surabaya, dan Malang.

Biasanya jika anak pertama memilih kota umpamanya kota Bandung maka kebanyakan adik-adiknya pun memilih kota yang sama yaitu Kota Bandung. Mudah dimengerti karena memang diarahkan oleh orang tuanya agar bisa berkumpul dan bisa hidup bersama bersaudara baik kos atau dibuatkan rumah khusus untuk sekolah anak-anak. Bisa saling mengawasi, bisa saling berbagi, rukun hidup dengan saudara sambil menyelesaikan kuliah.

Ketika para pekerja yang sebagai pekerja perantau atau transmigran yang berasal dari kampung halamannya baik dari Jawa, Sumatra, atau Sulawesi sampailah pada usia pensiun yakni umur 55 tahun. Mau tidak mau harus meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja, bukan hanya itu rumah dan segala fasilitas yang diberikan harus dikembalikan kepada perusahaan.

Nah, kemana mereka yang sudah menjadi pensiunan ini pulang? Jika pulang ke kampung halaman tempatnya dahulu, saat ini  sudah tidak ada siapa-siapa lagi. Misalkan saja seseorang yang berusia 23 tahun ketika mulai bekerja saat pensiun sudah berusia 55 tahun artinya dia sudah bekerja meninggalkan kampung halaman selama 32 tahun. Dan selama itu biasanya orang tua sudah mendahului kita, demikian juga saudara sudah terpencar entah dimana. Mau kemana pulang atau mau mengikuti siapa lagi.

Ternyata kebanyakan dari mereka para pensiunan itu memilih tempat tinggal baru dengan mengikuti anak-anak dimana menyelesaikan sekolahnya. Jadi bisa saja terjadi yang asal kampung halamannya Banjarmasin, setelah pensiun memilih tempat tinggal baru di kota Malang karena anak-anaknya melanjutkan sekolah di kota Malang. Demikian juga orang Padang pindah ke Jakarta, orang Palembang pindah ke Bandung, orang Makasar pindah ke Surabaya.

Itulah sebabnya sebagai contoh di salah satu kompleks perumahan di Kota Bandung banyak ditemukan pensiunan yang kampung halaman asalnya dari Palembang.

Yah begitulah masing-masing membawa nasib dan keberuntungan dimana pun bumi miliknya Allah SWT. Hanya barangkali harus panadai-pandai saja menyesuaikan diri dengan lingkungan diman kita berada seperti kata peribahasa Dimana  bumi dipijak disitu langit dijunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s