Enak Elu, Nggak Enak Di Gue

Apakah peribahasa? Dalam KBBI tertulis Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yg tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu, ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Mengiaskan maksud tertentu agar enak disebutkan atau diperumpamakan dengan mempergunakan peribahasa.

Untuk judul di atas saya tidak tahu apakan itu termasuk peribahasa atau bukan, akan tetapi ungkapan itu ada padanannya dalam bahasa Sunda yakni “Ngeunah Ehe Teu Ngeunah Eon” Jadi artinya asal enak di diri tak peduli dengan orang lain sebagai lawan berbicara.

Ngeunah Ehe Teu Ngeunah Eon, sering terjadi kontan ketika berkomunikasi verbal dengan lawan berbicara, tentu saja sering nyeletuk mengeluarkan kata-kata pedas adalah perilaku yang tidak terpuji, dan bahkan tidak disukai orang dan akan tidak punya teman.

Yang jadi pertanyaan adalah apakah perilaku sering berbicara Ngeunah Ehe Teu Ngeunah Eon itu disengaja atau tidak? Apakah ada orang yang sengaja berbicara untuk menyakiti hati orang? Dalam artian sengaja mengumpulkan “amunisi” untuk ditembakan kepada orang lain.

Dalam pengalaman hidup menurut saya sangat jarang ada orang yang sengaja menyakiti hati orang lain dengan ungkapan atau pernyataan. Kebanyakan tidak sengaja atau tidak sadar bahwa perkataannya telah menyakiti perasaan orang lain. Tapi mungkin saja memang ada yang sengaja berbuat seperti yang saya sebutkan di atas yaitu mengumpulkan “amunisi”

Bagaimana memperingatkan orang lain bahwa perilakunya yang selalu berbicara Ngeunah Ehe Teu Ngeunah Eon harus diperbaiki? Biasanya kalau orang dekat istri dan anak relatif lebih mudah memperingatkannya. Umpamanya dalam rangka pendidikan nanti kalau sedang berdua, sebutkan bahwa kata-kata yang dikeluarkan tadi itu bisa menyakiti lawan berbicara atau orang lain.

Ada juga cara lain yakni harus sering merenung jika setelah berbicara dengan orang lain, lalu bertanya pada diri sendiri apakah perkataan tadi itu pantas diucapkan atau perkataan itu tidak menyakiti orang lain?

Uji kata-kata tersebut, jika orang lain yang menyatakan atau mengatakannya kepada diri kita sendiri, apakah kata-kata itu menyakiti diri kita? Jika tak pantas maka lain kali coba mulai memilih kata-kata yang pantas dan tidak termasuk peribahasa Ngeunah Ehe Teu Ngeunah Eon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s