Pecel Lele

RM Pecel Lele

Tahun 60-an ketika saya mulai datang ke Kota Bandung sepertinya tidak pernah menemukan pedagang pecel lele. Karena kalau tidak salah itu adalah makanan khas Jawa Timuran. Bahkan saya baru tahu bahwa ada makanan yang bernama pecel lele pada tahun 80-an ketika berkesempatan datang ke kota Surabaya.

Jika orang Bandung menyebutkan makanan bernama pecel itu dimaksudkan semacam makanan yang penuh sayuran seperti gado-gado yang berbumbu sambal kacang. Makanya pada saat ke Surabaya saya sangat penasaran untuk mencobanya dan diapakan itu lele.

Eh, ternyata makanan yang bernama pecel lele itu adalah – sederhananya – berupa goreng ikan lele yang diletakan diatas cobek yang berisi sambal terasi, itu saja, jadi sekali lagi sama sekali tidak ada unsur sambal kacangnya.

Iya memang tidak masalah apapun namanya asal eanak rasanya fine-fine saja, karena sejak saat itu saya jadi ketagihan makan pecel lele.

Saat ini di Bandung yang namanya pecel lele sudah tidak asing lagi, sudah banyak, bahkan ada rumah makan bernama “Pecel Lele” meskipun tidak hanya menjual khusus pecel lele.

Sepanjang manusia hidup terus berjenis makanan makin merata tidak hanya di daerah tertentu saja. Juga makanan Bandung merambah kemana-mana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s