Comro, Jajanan Khas Bandung

Iya, saya tahu bahwa comro adalah jenis makanan jajanan yang ada di Kota Bandung, comro adalah singkatan dari oncom di jero (oncom di dalam) dan juga semuanya sudah tahu. Dimakannya harus masih panas, khusus bagi saya satu jangan terlewatkan, rasanya harus pedaaas.

Tapi, meskipun ngabejaan bulu tuur (memberi tahu kepada yang sudah tahu), untuk agar comro bisa ada didepan mata kita dan siap untuk dilahap, perlu persiapan dan usaha.

Di suatu hari saya berkata kepada istri saya bahwa saya mau makan comro karena singkongnya sudah saya beli dari pasar dadakan pada hari Minggu. Singkong itu ditenteng terus oleh saya sambil juga terus berjalan kaki menyelesaikan olah raga pagi.

Kata berjawab gayung bersambut, ternyata istri saya pun mau menikmati comro itu. Boleh, kata istri, tapi Aki (istri saya sejak punya cucu panggilan sayangnya kepada saya adalah Aki) yang memarut singkongnya, Oke juga, kata saya. Tapi tiba-tiba muncul rencana, bagaimana kalau dibuat gambarnya, dan kemudian ditulis dan dimuat di blog.

Jadi inilah cara membuat comro dadakan itu:

Siapkan oncom untuk bagian dalamnya

Siapkan oncom untuk bagian dalam comro, setelah oncom dipotong tipis lalu digoreng. Siapkan bumbunya, cabe, bawang merah, bawang putih, digoreng juga sebentar. Kemudian garam, gula, bumbu yang sudah ditumis, tambahkan irisan bawang daun, kemangi, dan juga oncomnya diulek didalam cobek.

Parutan singkong

Singkong yang sudah diparut kemudian dibentuk bulat-bulat, dan oncom yang sudah diulek dimasukan ke dalamnya. Karena istri saya tidak suka pedas yang sangat berlawanan dengan saya maka selipkanlah ranjau pedas utuh tersebut kedalam comro bersamaan dengan oncomnya.

Digoreng

Kemudian langsung saja digoreng sampai berwarna kuning.

Siap saji

Dan langsung dimakan selagi panas, enaaaak sekali.

Leave a Reply

