Bertani di Tepi Kali

Beberapa sungai kecil di kota Bandung banyak yang memotong jln Soekarno – Hatta. Dan tak bisa dihindari melewati juga hunian dan perkampungan yang banyak bahkan padat penduduknya. Hah? Sungai dulu atau hunian dulu, rasanya sungai dulu deh.

Saya memperhatikan daerah aliran sungai kecil Cidurian dan Cipamokolan, ternyata banyak berjenis pohonan dan sayuran yang sengaja ditanam oleh sebagian dari warga yang bermukim di tepi kali, saya namakan bertani di tepi kali.

Tentu saja alasannya adalah ada tanah kosong, dari pada menganggur kan lebih baik ditanami. Jika ada hasilnya lumayan bisa untuk dikonsumsi sendiri, bahkan kalau banyak bisa dijual ke pasar, nambah penghasilan.

Menanan sayuran di tepi kali

Seperti tanaman sayuran sawi yang ditanam petani persis di tepi sungai ini, Di tempat lain ada yang menanam sayur di tengah sungai dimana terbetuk endapan tanah berupa delta kecil sungai.

Mudah kalau menyiram

Juga petani ini bercocok tanam ubi, singkong, kacang, dsb. Saya sempat bertanya mengapa di tepi kali, katanya biar mudah menyiram kalau hujan tak turun.

Pohon nangka di tepi kali

Tanaman keras juga kelihatan ditanam persis di tebing pinggir kali, pohon nangka ini ternyata cukup lebat buahnya.

Petani di tepi kali mungkin tidak menyadari bahwa lahan tersebut ada yang memilikinya, dan kalau di daerah aliran sungai biasanya ada peraturannya artinya peraturan pemerintah. Karena kalau tidak ada aturannya daerah aliran sungai bisa rusak oleh adanya penggunaan lahan yang tidak semestinya.

Sehubungan dengan bertani di tepi kali, mungkin penanam harus ingat bahwa tanah itu bukan tanah tidak bertuan, jangan merusak, jangan membuang limbah ke dalam sungai, jangan membuat bangunan permanen. Kalau kita perhatikan mereka adalah petani kecil yang miskin tentunya hasilnya tak seberapa, kadang kasihan juga.

Itu kata saya yang tidak mempunyai hak apapun atas tepian sungai, sekedar mohon izin untukĀ  lewat dan memotretnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s