Trotoar Jalan Soekarno – Hatta Bandung

Keberadaan trotoar adalah jelas untuk dan diperuntukkan bagi pejalan kaki, pejalan kaki yaitu orang yang berjalan di lintasan pejalan kaki baik dipinggir jalan maupun trotoar.

Nah, ada lanjutannya, jika terjadi penggunaan ilegal atas trotoar misalnya kebanyakan untuk kegiatan berjualan, tempat parkir kendaraan baik roda dua atau roda empat, apalagi terpakai pasar tumpah, bukan hanya pejalan kaki yang terganggu akan tetapi lalu lintas kendaraan di jalan juga menjadi macet.

Kata pejalan kaki: “Mentang-mentang kepada rakyat kecil pejalan kaki tega-teganya jatah pejalan kaki dihalangi!”

Kata pedagang di trotoar: “Keterlaluan sebagai orang kecil hanya untuk mencari nafkah dengan berjualan di tepi jalan pun selalu dilarang bahkan diusir-usir!”

Kata penumpang angkot: “Bagaimana ini, jalanan jadi macet begini akibat pasar tumpah, akibat pejalan kaki jadi ke tengah jalan, kami orang kecil bisa telat mulai bekerja, nanti diomel majikan!”

Kalau peraturan tata tertib mulai dilanggar maka akan terjadi rentetan akibat yang panjang, saling menganiaya, saling merasa bahwa haknya dirampas.

Trotoar untuk pejalan kaki

Trotoar jangan dipakai kegiatan lain kecuali untuk pejalan kaki, biarkan kosong disamping tertib, bersih, juga asri

Trotoar bukan untuk jualan

Trotoar bukan untuk jualan durian atau kegiatan lainnya, trotoar yang tadinya kosong hanya untuk pejalan kaki telah dimulai dengan pelanggaran oleh pedagang durian.

Pedagang makanan di trotoar

Berdaganglah di tempatnya jangan mirucaan (mulai) dengan pelanggaran yaitu berjualan di trotoar sebab nanti akan diikuti pedagang lain atau aktivitas lain, kemudian akan terjadi saling menganiaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s