Kota Tua Batavia, Sketsa Siluet Bayangan Wajah

Karena saya keasikan membuat foto bangunan-bangunan lama di kota tua Batavia itu, saya jadi terpisah dari rombongan keluarga yang juga ikut berkunjung ke sini. Tiba-tiba dipanggil oleh anak saya agar saya kembali ke tempat semula, ternyata mereka sedang bergilir dilukis bayangan wajah oleh seorang seniman kawakan yang betul-betul ahli dalam bidangnya.

Contoh-contoh luksan wajah

Si seniman “black paper cutting” tersebut meletakan contoh hasil karyanya berserakan di lantai halaman gedung tua tersebut. Anak bungsu saya “memaksa” saya untuk juga dilukis dan saya mengiyakannya, dan langsung duduk di kursi.

Anak saya bilang dari dulu ingin dilukis bayangan wajah seperti ini tapi selalu tidak sempat, sekarang baru terlaksana.

Saya memang sudah sejak lama melihat hasil lukisan wajah seperti ini di rumah kawan, tapi cara membuatnya bagaimana saya tidak bertanya. Jadi baru kali inilah untuk pertama kalinya saya menyaksikan pembuatannya.

Pelukis siluet sedang beraksi

Biarpun Anda sudah tak asing dan saya hanya ngabejaan bulu tuur (memberi tahu orang yang sudah tahu) tak mengapa.

Inilah cara si Seniman melukis bayangan wajah:

  1. Yang akan dilukis disuruh duduk di kursi
  2. Si Pelukis bayangan wajah memegang selembar kertas hitam di tangan kiri dan di tangan kanan sebuah gunting
  3. Lalu dia memperhatikan wajah yang akan dilukis kemudian dia gunting kertas hitam itu berupa wajah dan bulatan kepala
  4. Dan tiba-tiba hanya sekitar 2 menit sebuah sketsa bayangan wajah selesai.

Kemudian sketsa wajah yang dibuat dengan gunting itu ditempelkan di sehelai kertas putih maka jadilah sketsa wajah tersebut. Per lembar lukisan cirri wajah dan karakter itu dihargai Rp 25.000.

Inilah bayangan tujuh orang yang dilukis

Dan sketsa siluet wajah yang dibuat itu betul-betul mempunyai karakter dan ciri wajah masing-masing. Kami yang dilukis pada tertawa karena hasilnya betul-betul mirip dengan wajah yang disketsa.

Saya kagum akan kemampuan orang tersebut, katanya sudah berpengalaman 20 tahun. Dan saya memberikan acungan  jempol.

7 thoughts on “Kota Tua Batavia, Sketsa Siluet Bayangan Wajah

  1. Ella, di jalan Taman Fatahillah Jakarta, sepertinya dekat Museum BI gitu, terima kasih sudah mampir. wassalam

  2. hmm, tertarik..🙂 masih ada gak yah kalo sekarang? bisa tau nama bapak pelukisnya?

  3. Waaaaa, aku lagi butuh banget ini. Sih yang buat siluet ini setiap hari ada disitu ga ya

  4. kereeen bgt,,tp ada yg lebih keren lagi..yaitu glass sillhouette paint (lukisan siluet kaca) sbgaimana kita ketahui biasanya org membuat siluet dgn melukis bayangan tp org ini membuat siluet dgn melukis cahaya.. Mau tau liat aja di halaman facebook”wilson sq”

Leave a Reply

