Pertokoan Lawas di Pecinan Lama Bandung

Toko Mainan Anak-anak Gow & Gow

Jalan-jalan sorangan (sendiri) ini saya mulai dengan menyusuri jalan Alkateri, dahulu, sebutlah tahun 60-an, di jalan ini ada toko “Gow & Gow”, yang kemudian menjadi “Gowijaya” yaitu toko mainan anak-anak, toko ini di  Bandung dahulu sangat terkenal, kalau mencari mainan anak yang berkualitas mesti mencarinya di di toko Gow & Gow ini. Tapi sekarang meskipun tokonya masih ada, yang dijual hanya mainan biasa saja tidak ada bedanya dengan toko mainan lainnya yang ada di kota Bandung.

Pada kesempatan ini saya membeli karedok dan lotek di pinggir jalan Alkateri itu, pedagang yang sudah lama berjualan lotek dan karedok ini memang mengatakan bahwa toko mainan Gow & Gow dulu terkenal sekali.

Tukang lotek yang sudah nenek-nenek selain bertanya pakai pedas atau tidak, juga bertanya apakah mau dimakan langsung atau dibawa pulang ke rumah, saya menjawab akan dibawa ke rumah makanya dibungkus saja. Kalau begitu katanya bumbu lotek dan karedoknya tidak akan memakai air, sebab nanti kalau disimpan lama airnya akan keluar sendiri dari sayurnya, oh begitu ya?

Eh, saya lupa, sebetulnya saya tidak akan membahas kuliner berupa lotek dan karedok akan tetapi mau memperlihatkan bangunan lama yang berada di jalan Alkateri dan jalan Pecinan Lama.

Bangunan toko lama 1

Kawasan jalan Alkateri – jalan ABC – jalan Suniaraja – jalan Pecinan Lama adalah wilayah yang sibuk dengan kendaraan, dan pinggir jalan dipenuhi tempat parkir kendaraan. Sehingga sukar untuk mengambil gambar yang utuh dari toko dan ruko lama tersebut karena terhalangi oleh mobil yang diparkir.

Bangunan toko lama 2

Nampaknya karena kawasan ini adalah tempatnya berjualan dan apalagi dekat dengan Pasar Baru maka dapat dipastikan kebanyakan pemiliknya adalah warga keturunan Cina, karena memang itulah usaha yang mereka tekuni sejak zaman dahulu kala. Dan mengapa pula jalannya disebut jln Pecinan Lama.

Bangunan toko lama 3

Di sini berkumpulnya toko-toko lama yang menjual berbagai macam keperluan seperti berbagai macam kompor minyak tanah, berbagai jenis timbangan, dan ada toko yang menjual khusus sumbu kompor, apa masih ada yang membeli ya, sementara minyak tanahnya sudah mahal sekali.

Bangunan toko lama 4

Bangunan-bangunan lama hendaknya jangan sampai dihancurkan, peliharalah atau renovasi dengan masih memakai bentuk aslinya, biarkan anak cucu kita mengetahui cerita dan sejarah perkembangan kotanya.

10 thoughts on “Pertokoan Lawas di Pecinan Lama Bandung

  1. Bukan, memang salah saya mengapa cerita toko Gow & Gow tapi tidak ada fotonya, baru sadar sesampai di rumah kok tidak ada potret toko dimaksud. Terima kasih.

  2. Terima kasih Bu Ratih, iya sepertinya harus ke sana lagi dan gambarnya dimasukan ke postingan ini.

  3. @ ratih swastyka, saya sudah datang lagi ke jln Alkateri Bandung, dan foto toko “Gow & Gow” itu sekarang sudah dipajang.

  4. Terima kasih mengabari saya kalau Bapak telah mempunyai foto toko ini, kalau tidak keberatan ijin copas fotonya Pak dan sumbernya akan saya tulis dari blog ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s