Menceritakan Kelebihan Diri

Ada peribahasa Sunda yaitu “Goong nabeuh maneh” (Gong memukul diri sendiri). Gong adalah instrumen tabuh pada gamelan, saat nabuh gamelan gong paling jarang dipukul, maksudnya jika dibanding dengan alat tabuh lainnya seperti kempul, saron, atau bonang.

Tentu saja tidak lucu bukan? karena jarangnya dipukul lalu tiba-tiba berbunyi sendiri, memukul sendiri, akibatnya keharmonisan gamelan akan tidak enak didengar, sumbang, bahkan irama dan lagu yang diikuti akan tidak karu-karuan. Arti dari peribahasa tersebut adalah menceritakan kelebihan diri, menyombongkan diri. Hal itu adalah budi pekerti yang tidak sepantasnya atau tidak sepatutnya.

Kita sering melihat pernyataan artis, aktor, atau pesohor lainnya di TV kala sedang diwawancara oleh awak media, kadang meskipun tidak ditanya lalu menyatakan atau menonjolkan kelebihan dirinya dengan menyebutkan misalnya saja “Gue sih orangnya terbuka”, atau “Aku sih memang suka blak-blakan kalau bicara, tapi setelah itu aku orangnya  pemaaf”, Gue sih orangnya low profile..”

Menceritakan kelebihan diri atau keistimewaan diri tanpa diminta oleh si penanya adalah perilaku yang tidak seharusnya, karena itu termasuk menyombongkan diri.

Seyogianya yang menilai Anda itu bukan diri Anda sendiri akan tetapi orang lain. Tentu tidak sepantasnya diri sendiri menyatakan bahwa Anda cantik, ganteng, pemaaf, terbuka, friendship, bukan? Yang menyatakan “Anda sangat cantik dengan pakaian seperti itu”, Anda demikian polos dan jujur”, “Pendapat Anda sangat menginspirasi banyak orang” adalah orang lain atau si pewawancara, bukan diri sendiri seperti peribahasa Goong nabeuh maneh.

Kelakuan-kelakuan para public figure seyogianya memberi contoh yang baik karena jika tidak perilaku atau gaya tersebut akan ditiru oleh penggemarnya, yang meng-idolakannya, atau fans-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s