Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Rutinitas harian saya sebagai pensiunan adalah menonton TV, biasa kebanyakan pindah-pindah chanel karena saat menonton selalu dikepung iklan berbagai produk. Tanpa disengaja melihat artis penyanyi Syahrini sedang berkunjung ke rumahnya seorang seniman yaitu Bapak Sartono yang berada di Madiun Jatim, beliau adalah pencipta lagu hymne guru “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Terdengar lagu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” dua tiga baris lagu itu dinyanyikan oleh mereka.

Saya yang bukan pensiunan guru, setiap kali mendengar lagu ini dinyanyikan selalu merinding, karena teringat jasa kaum guru yang demikian besar untuk mencerdaskan bangsa. Padahal banyak dari mereka sepanjang ingatan saya sejak tahun 1955 sampai sekarang ini penghidupan perekonomiannya jauh dari sejahtera. Mengapa saya tahu? Karena saudara, keponakan, dan saudara sepupu saya di kampung banyak sekali yang menjadi guru.

Saat mendengar sepotong lagu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” dari TV itu, saya setengah lari tergesa membuka internet kemudian mendapatkan lagu tersebut dari youtube, terus terang sambil mendengarkan lagu itu saya juuh ku cimata (mengeluarkan air mata). Inilah lagu hymne guru tersebut  Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Dan ini lah lirik lagunya:

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Pencipta Lirik dan Lagu : Sartono

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sabagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Sumber

Para Guru yang terhormat, demikian juga Bapak Sartono yang notabene adalah juga seorang guru saya sangat menghormati dan selalu mengenang jasa-jasamu. Jika Anda semua tidak mendapatkan balasan di dunia, semoga keikhlasannya dalam mencerdaskan bangsa mendapatkan keridhaan dari Allah SWT, amien

Leave a Reply

