Ke Bandung, Jangan Lupa Gedung Merdeka (3)

Kemarin jalan-jalan saya sudah sampai di jln Braga, kemudian di seberang PT Kimia Farma ada hotel bersejarah dengan bangunan gaya lama yaitu Savoy Homan. Untuk sampai ke sana saya harus menyeberang jln Asia Afrika, inilah hotel terkenal Savoy Homan itu.

Savoy Homan

Saya bergerak lagi ke arah barat menyusuri trotoar jalan Asia Afrika. Di sini berdiri gedung yang juga tak kalah tuanya yang bernama  gedung De Vries

Gedung De Vries bagian sebelah kiri

Karena gedung ini relatif panjang maka dibawah ini adalah gambar yang agak utuh, maklum kamera biasa jadi diakali begitu saja.

Gedung De Vries memanjang

Jika anda melihat tulisan sepanjang gedung ini maka inilah lengkapnya:

“LANDBOUW  BENOODIGDHEBEN IMPORT  COMMISSIONAIRS VENDUHOUDERS  WARENHUIS  DE  VRIES  EXPORT  KUNST  BOEK –  PAPJER  HANDEL”

Sampai saat ini saya belum tahu maksudnya maklum tidak bisa bahasa Walanda, kalau “landbouw” itu artinya agribisnis. Gedung ini ternyata baru saja direnovasi oleh pemiliknya yakni Bank DCBC NISP.

Jika saya berjalan lagi ke sebelah barat menyususri jln Asia Afrika maka akan menemukan lagi gedung tua

Gedung Pu-W-nten

Gedung ini saat sekarang dipakai oleh Paguyuban Warga Banten, Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Barat.

Dalam perjalanan saya ke dayeuh (kota) Bandung belum bisa menerangkan secara rinci sejarah gedung-gedung tua tersebut. Memang saya terus terang belum sempat membacanya, mungkin di kesempatan lain ke depan. Saat ini saya hanya memperlihatkan demikian banyaknya gedung-gedung lama di kota Bandung. Diperkirakan kita akan masih terus menikmatinya karena pemerintah Kota Bandung akan tetap memeliharanya. Selamat Kota Bandung!

Sekian dulu, tamat

Leave a Reply

