Bangunan Tua Bio Farma

Bangunan inti PT Bio Farma, dari biofarma.co.id

Baru-baru ini saya diundang teman untuk menghadiri resepsi pernikahan anaknya yang diselenggarakan di gedung serba guna PT Bio Farma. Ternyata perusahaan yang bergerak di bidang berbagai vaksin dan sera ini masih tetap memelihara bangunan lawasnya. Dalam rangka mengapresiasi pemeliharaan bangunan bahari di kota Bandung baca juga Bangunan Lama di Bandung Tetaplah Dipelihara! saya mencoba memotret bangunan tersebut meski tak bisa melongok kedalam gedung karena itu hari Minggu.

Gedung utama "Instituut Pasteur" yang saya jepret

Kompleks PT Bio Farma terletak di jalan Pasteur No. 28 Bandung, sekarang sejak ada jalan layang Pasupati jalan Pasteur menjadi ada di bawah jembatan tersebut. Jika dari atas kemegahan bangunan ini tidak begitu jelas, kecuali kalau berhenti dari kendaraan dan melongok ke tepi jembatan.

Untuk mendapatkan sedikit informasi, saya melihat dari sejarah perusahaan bahwa Setelah tahun 1923 perusahaan ini menempati gedung  di Jalan Pasteur nomor 28 Bandung, lembaga ini kembali mengubah namanya menjadi Landskoepok Inrichting en Instituut Pasteur, dan tahun 1924 -1942 dipimpin oleh L. Otten.

Bahwa sejak jaman Walanda alamatnya tetap jalan Pasteur No. 28, terus di sebelah sono jalan Pasteur di depan “RS  Ranca Badak” (sekarang RS Hasan Sadikin) berani sumpah ada nama jalan Dr Otten.

Gedung lama Sekolah Analis Pasteur

Disamping sebelah kanan bangunan induk agak menjorok ke belakang terletak bangunan lama bekas Sekolah Analis Pasteur yang didirikan sejak tahun 1956 dimana dididik tenaga Analis untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga menengah di perusahaan tersebut. Sekarang sekolah tersebut sudah tidak ada, tinggal waasna.

How ever memang kelihatan ada bangunan baru yaitu gedung serba guna, gedung aula dan mushola, tapi upaya untuk memlihara bangunan lama PT Bio Farma patut diacungi jempol, Bravo PT Bio Farma!

2 thoughts on “Bangunan Tua Bio Farma

  1. Pak Eman baheula sakola didieu?
    Analis Pasteur pak? Abdi nembe kaluar taun ayeuna ti katurunan analis Pasteur, analis kesehatan poltekkes bdg-bbk loa🙂

  2. feriyadiramen, Iya analis pasteur tea atuh, sok didoakan dapat pekerjaan yang nyugemakeun, jangan lupa terus bekerja dan belajar! terima kasih sudah berkunjung dan komentar. wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s