Ikan Bakar & Bandeng Isi RM Mbok Sarikah

Makan di kebun

Sepulang dari sedikit refreshing yang mendadak di Anyer, saya diajak mantu untuk mencoba ikan bakar di rumah makan Mbok Sarikah. Tempatnya sih di lapangan kebun kelapa, hanya memang dibangun beberapa saung lesehan tempat makan sambil slonjoran.

Anak dan mantu ini penggemar ikan bakar, jadi promosinya, di tempat ini ikan bakarnya tidak terlalu girinyih (lemak banget), maklum kami sudah mulai mengurangi asupan lemak.

Ternyata ikan bakarnya memang original tidak terlalu banyak olesan bumbu dan mentega, terasa cukup garam dan asamnya sebagai bumbu dasar ikan bakar. Karena membakar ikan tanpa olesan minyak atau mentega kulit ikannya cenderung lengket di pembakaran, makanya Mbok Sarikah sengaja sewaktu membakarnya ditilami daun pisang, sekaligus aroma daun pisangnya tercium segar. Cocolannya jelas sambal yang pedaaas sekali.

Karena cuma sehari semalam berkunjung ke Anyer, saya tidak sempat mencicipi sate bandeng oleh-oleh kuliner khas Banten itu.

Malahan jujur saja saya lupa apakah sudah pernah merasakan bagaimana lezatnya sate Banten itu.

Padahal selagi muda dulu saya pemangsa ikan dimasak apapun termasuk segala macam sea food. Tapi tak mengapa lah sate bandeng biar sekali itu dilewat saja, masa iya saya kemudian saat iru mau lagi sate ikan bandeng, kan masih banyak waktu. Mungkin dilain kali.

Agar tidak penasaran biar saya hanya memajang gambarnya saja di sini.

Bandeng isi

Tapi saya kebetulan beruntung ternyata di RM Mbok Sarikah,  dimana saya mampir untuk makan siang itu, mendapatkan bandeng isi dalam bentuk dibungkus dengan daun pisang seperti gambar di samping ini yang sempat saja jepret. Seperti halnya otak-otak ini juga dibakar di atas bara api.

Bandeng isi bungkus daun pisang tersebut sepertinya mirip saja dengan sate bandeng biasa hanya dibakarnya dengan dibungkus dulu seperti pepes ikan begitu.

Bandeng isi bungkus tersebut bisa disimpan cukup lama di lemari es apalagi kalau disimpan di freezer bisa lebih lama lagi, bisa tahan 2 mingguan.

Potongan Bandeng isi

Istri saya menghidangkan kembali bandeng isi bungkus tersebut setelah dua minggu ternyata rasanya tidak berubah, dihidangkan setelah dibakar kembali dan kemudian dipotong-potong. Rasanya enak juga.

2 thoughts on “Ikan Bakar & Bandeng Isi RM Mbok Sarikah

  1. kbetulan yang buat sate bandeng/bandeng pepes itu mertua saya….! dari jaman dulu waktu restoran embok sarikah baru berdiri., sate bandeng sudaha menjadi menu paforit resto embok sarikah….!…! untuk pemesanan bisa menghubungi kami di no hp: 081806190078 atw hub website kami http://www.hayfapromotion.com .. kami senang semoga bapak menjadi pelanggan setia di resto embok sarikah

  2. Peristiwanya sudah hampir satu tahun yang lalu, saya tidak sempat lagi ke Banten atau ke Anyernya, tapi suatu saat ingin kembali menyantap ikan bakar Mbok Sarikah. Kalau tak salah saat itu yang mengelola RM-nya mantu perempuannya, sebab Mbok Sarikah sudah sepuh dan beliau kebetulan sedang duduk di salah satu saung ditemani keluarga lainnya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini, semoga RM Mbok Sarikah laris manis!

Leave a Reply

