Bukan Hanya Kewajiban Ibu

Menurut Meidya Derni, penulis buku “Jilbab Di Pelukan Uncle Sam” (Salamadani) dan “Princess Adila dan Karcis Sirkus” (DAR Mizan), bahwa kewajiban mengasuh dan mendidik anak bukan hanya kewajiban para Ibu akan tetapi juga kaum Bapak.

Saya tidak akan berupaya untuk merubah agar Ibu jadi merasa tidak bertanggung jawab atas anak-anaknya akan tetapi kata Ibu Meyda  kewajiban mengasuh dan mendidik juga adalah terletak pada Bapaknya.

Ini barangkali menyangkut jaman sekarang dimana Ibu rumah tangga banyak yang berkarir di luar rumah, sementara anak-anak ditinggal. Nah, barangkali dalam kasus ini diharapkan tidak saling melempar tanggung jawab, terutama Bapaknya yang juga harus memikirkan bagaimana nasib mengasuh mendidik dan membesarkan anak-anaknya.

Ibu Meyda yang tinggal di Amerika itu merujuk kepada Alquran surat Luqman, bahwa dalam ayat tersebut percakapan anak tidak dengan Ibunya akan tetapi dengan Bapaknya. Menunjukan bahwa Bapak Luqman juga mendidik anaknya.

Meskipun tidak menyebut ayatnya tapi saya mencarinya di Alquran on line kalu mau lebih lengkap klik di sini dua ayat adalah sebagai berikut:

Surat Luqman ayat 13: Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”.

Surat Luqman ayat 16: (Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus [1182] lagi Maha Mengetahui.

Jika Anda penasaran ingin membaca tulisan lengkapnya yang berada di majalah Hidayatullah dot com itu, klik di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s