Kumpulan Tembang Pupuh Sakainget

Seperti yang pernah saya tulis di blog ini dengan judul “Kumpulan Tembang Pupuh”, maka inilah kumpulan tembang tersebut yang telah dikumpulkan dan disusun oleh H. Iding Suwardi, di Ciongka Ciamis pada tanggal 9 September 2006. Namun karena tembang ini adalah lagu jaman baheula jadi sama sekali saya tidak tahu siapa pengarangnya, Jadi sekalian saja mohon maaf sebab yang susah payah mengarangnya tidak bisa dicantumkan namanya di sini

Mengapa saya tulis kembali di sini,  karena terus terang saya merasa takut tembang buhun (lama) tersebut akan hilang ditelan jaman, soal guna dan manfaatnya bagaimana nanti ke depan saja. Penulisannya di blog ini akan dicicil per pupuh, maklum ada 63 bait tembang,  ditulis per judul yaitu:  Dangdanggula, Sinom, Papatat, Asmarandana, Kinanti, Kinanti Ninun, Pangkur, Durma, Mijil, Magatru, Pucung, Maskumambang, Wirangrong, Kinanti ceurik Rahwana, Kinanti tanjung, Kinanti kidung, Asmarandana Bungbulang.

Memang sesuai dengan judulnya “Kumpulan Tembang Pupuh Sakainget”  nampaknya penyusunan dan penulisannya betul-betul seingatnya yang ada didalam pikiran dan langsung diketik.

Bagi yang tidak mengerti bahasa Sunda mohon maaf, karena tak lucu lagu pupuh diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, untuk yang muda juga mohon maaf sebab ini memang benar-benar tembang jadul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s