Upaya Mengurangi Rasa Stress

Dari membaca buku “Tafsir Kebahagiaan” oleh Jalaludin Rakhmat di bab terakhir tentang mengurangi rasa stress, saya mendapatkan sedikit pengetahuan mengenai bagaimana mengelola stress.

Stress dengan tak bisa diundang selalu datang bertubi-tubi sepanjang kehidupan kita ini, tentu saja akibatnya membuat kita tidak nyaman, kecewa, bahkan sakit. Yang penting adalah bagaimana mengelola stress itu agar tidak berdampak buruk pada diri kita ini.

Salah satu sebab timbulnya rasa stress adalah akibat dari pemasangan target yang harus dicapai terlalu tinggi, sedangkan yang didapat jauh dari yang diharapkan, misal yang ditarget angka 10 tapi didapat cuma 3 bahkan lebih kecil lagi.

Nasihatnya jangan memasang target terlalu tinggi, sesuaikan dengan keadaan dan kemampuan sehingga target dan kenyataan yang dicapai akan sama, kalau meleset tidak akan terlalu jauh.

Jadi stress itu akan selalu datang akan tetapi kita harus pandai-pandai mengelolanya, ingatlah ungkapan “Jangan naik terlalu tinggi nanti akan sakit jatuhnya”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s