Semoga Jepang Cepat Bangkit Kembali

Saya pernah mendengar ceramah dari salah seorang mubaligh terkenal di Bandung yakni Dr. KH Miftah Faridl, beliau mengatakan bahwa banyak cara hidup dan disiplin orang Jepang sudah mengikuti ajaran-ajaran Islam. Beberapa contoh adalah kebiasaan hidup disiplin, budaya ngantri, budaya hidup bersih, menghormati tamu, dan semangat bekerja yang besar. Dan hal-hal tersebut lanjut beliau adalah perlu ditiru bangsa kita yang justru ajarannya sudah kita miliki tapi tidak dipraktekan.

Kalau dipikir iya juga Jepang yang pada tahun 1945 diluluh lantakkan oleh bomb yang jatuh di Hiroshima dan Nagasaki dengan semangat dan kualitas manusianya yang demikian kemudian bangkit sehingga kemajuannya jauh melebihi negara-negara di Asia, bahkan Amerika sendiri.

Saya searching di google tentang sifat-sifat orang Jepang mengapa demikian istimewa, dari berbagai sumber saya mendapatkan bahwa mereka itu kebiasaan menghargai jasa dan pekerjaan orang lain, perlunya setiap orang berusaha, mempunyai semangat yang tidak pernah luntur, mengagungkan tamu dan ramah, mempunyai budaya malu, hidup hemat, kerja sama, budaya membaca, loyalitas, inovasi, kerja kelompok, mandiri dan taat peraturan.

Dahulu semasa saya kecil bersama teman-teman sering menghayal tentang bagaimana Jepang yang luluh lantak dengan bomb itu ternyata bangkit lebih cepat. Karena katanya bagaimana cepatnya bangsa Jepang membangun negerinya seperti perumpamaan dongeng sebagai berikut. Jika Orang Jepang datang ke sini ke Indonesia dalam keadaan telanjang terus diserahkan mengurus negara Indonesia. Ditukar dengan bangsa kita dengan segala apa yang dimiliki disuruh dibawa dan mengelola negara Jepang, maka yang lebih cepat makmur adalah orang Jepang yang mengelola Indonesia dibanding dengan orang Indonesia yang mengelola negara Jepang, itu hanya banyolan selagi kami kecil di kampung.

Saat ini Jepang sedang ditimpa musibah yang amat dahsyat yaitu gempa, tsunami, dan bahaya radiasi nuklir, semoga dengan semangat hidup mereka, sifat-sifat baik yang mereka miliki, semangat kerja keras, dan juga seperti cerita kawan kecil saya dulu, semoga rakyat dan negara Jepang cepat bangkit kembali.

Demikian juga negara kita indonesia dengan mempunyai ajaran dan semangat hidup Islam yang baik semoga menjadi negara yang baldatun toyibatun wa robbun ghofur, atau yang disebut subur makmur lohjinawi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s