Lapor Pak Gubenur DKI!

Salah satu sungai di Jakarta ini airnya kental dan putih

Saya seperti si Kabayan saba (datang) ke Kota Jakarta baru-baru ini, sangat bangga dengan keadaan kota Jakarta dengan banyaknya bangunan tinggi dan megah. Biarpun kata orang sering terjadi kemacetan lalu lintas dan juga sering banjir itu tidak saya ceritakan karena saya tidak mengalaminya.

Yang ingin saya laporkan kepada Bapak Gubernur DKI adalah apa yang saya lihat ketika jalan-jalan sendiri di sekitar jalan Pulo Mas, jalan Jendral Ahmad Yani. Saya naik ke jembatan penyeberangan busway kemudian saya melihat ke bawah, pertama jembatan penyebrangannya sendiri yang bersih, indah,  dan sangat kuat konstruksinya. Keduanya pemandangan sangat hijau dan rindang pepohonan, juga jalan Jend A Yani yang berada di bawah kelihatan bersih dimana di pinggir jalannya dihiasi dengan para pedagang perlengkapan untuk pembuatan taman.

Tapi saya kecewa sekali dengan sungai di tepi sepanjang jalan Pulomas Selatan yang tidak sepadan dengan lingkungannya yang asri seperti saya sebutkan di muka tadi. Kondisi airnya yang berwarna keruh memutih menandakan adanya limbah yang dibuang ke kali. Sungguh sangat disayangkan.

Saya tidak sempat melihat sungai yang lain di Jakarta ini, karena saya harus segera pulang ke Bandung, mungkin tidak begitu semua, meskipun iya begitu jangan kecewa Pak Gubernur, karena ada temannya di Kota Bandung yang juga banyak sungai bernasib sama seperti itu. Terima kasih. Wassalam.

Leave a Reply

