Sepotong Sungai Cisaranten di Bandung

Jembatan Cisaranten di Gedebage

Pada suatu kesempatan berolahraga naik sepeda, masih pagi, saya sengaja menyusuri sepotong sungai Cisaranten yang berada di Kota Bandung sebelah timur. Jarak yang saya tempuh tidak terlalu jauh mungkin tidak sampai 3 km, akan tetapi pemandangannya sangat menarik. Makanya di beberapa tempat saya buat fotonya.

Jarak sungai yang saya telusuri dari mulai jembatan sungai Cisaranten yang berada di Gedebage sampai ke jembatan yang berada di jalan Soekarno Hatta. Pertama saya tertarik dengan jalan di tepi sepotong sungai tersebut yang cukup lebar sangat baik untuk naik sepeda berolah raga. Keduanya pemandangan di sekitar sungai itu menarik dan relatif bersih dari sampah. Berikutnya sungainya cukup dalam di tepinya ditembok atau dicor dengan rapi, belum padat pemukiman kiri kanan masih sawah dan kebun.

Di tengah sungai kadang ditemui pulau-pulau kecil yang terjadi karena endapan lumpur, bahkan oleh petani yang rajin sengaja ditanami sayuran dan tanaman berjangka pendek lainnya, memang seyogianya tanah itu dikeruk agar tidak memperdangkal sungai.

Cukang besi di Cisaranten

Sepotong sungai ini semakin menarik karena ada jembatan besi untuk pejalan kaki yang cukup menarik karena bentuknya yang unik. Di sungai lain misal di sungai Cidurian di Kota Bandung masih ada jembatan terbuat dari bambu sepertinya hasil swadaya masyarakat sekitar.

Setelah jembatan unik jika dilanjutkan menggoes sepeda akan bertemu dengan jembatan kereta api, yang menambah kecantikannya bahkan saat itu lewat kereta api yang berjalan agak lambat.

Mendekati jembatan jalan Soekarno Hatta saya cukup kecewa karena airnya berbusa kemungkinan ada limbah pabrik atau limbah domestik rumah tangga yang di sekitar itu memang ada kompleks perumahan.

Demikian penyelusuran sepotong sungi Cisaranten di Kota Bandung.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s