Makanan Jadul di Hajatan

Dalam suatu acara hajatan keluarga di daerah Ciamis utara saya kebetulan diundang untuk hadir. Karena di rumah saudara dekat, saya berkesempatan untuk melihat-lihat kamar candoli (orang yang dipercaya untuk membagi dan mengatur makanan). Saya segera tertarik bagaimana cara makanan dan  kue-kue dipersiapkan.

Apem dan adas

Yang kelihatan di sini adalah kue jadul yaitu adas dan apem dan juga kelihatan pisang, pisang juga disugukan kepada para tamu. Sebetulnya masih ada lagi kue-kue jadul lainnya semisal bugis, tape ketan, opak, ranginang, kembang goyang, sasagon, dan lain-lain. Lihat pisau yang dipergunakan untuk memotong kue apem, bukan pisau khusus tapi golok.

Ini mengingatkan saya ke masa-masa sulit tahun 50 an di kampung di Ciamis itu, adanya kue-kue tersebut hanya nemu di acara kenduri atau hajatan lainnya. Kue-kue tersebut disuguhkan kepada tamu undangan yang datang, tidak disuguhi makan sebagai lazimnya prasmanan, sesudah memberikan amplop dan menikmati hidangan tersebut si tamu langsung pulang sambil dioleh-olehi tentengan berupa nasi dan lauk-pauk dalam keranjang pamulang sambung (balasan pemberian amplop uang).

Jaman sekarang kue-kue tersebut masih ada sebagai jajanan pasar, biasanya dijual bersamaan dengan makanan yang bernama awug. Juga masih kelihatan di acara resepsi pernikahan di gedung sebagai salah satu stand jajanan pasar.

Jaman telah berubah, begitu juga jenis makanan yang saya sebutkan tadi saat ini hanya dnikmati orang tua seperti saya, anak muda termasuk anak-anak saya sudah tidak mengetahuinya, dan pantas kalau disuguhi kue tersebut tidak menyentuhnya.

Leave a Reply

