Don’t Talk About Yourself Only

Saya teringat pengalaman sendiri sewaktu mengikuti kursus bahasa Inggris nama kursusnya, kalau tak salah,  “The Total Immersion English ”, kursus ini mengajarkan tentang bagaimana menyajikan presentasi yang baik dalam bahasa Inggris.

Saya mendapatkan kesempatan pertama untuk mengadakan presentasi di depan kelas kalau tak salah berjudul “Hepatitis B vaccination for babies new born” (meskipun saya bukan ahlinya tentang hal ini). Mengapa saya mendapatkan kesempatan pertama presentasi, karena instrukturnya menganggap bahwa topik yang saya bawakan tidak mengenai diri sendiri tetapi mengenai orang lain, bahkan katanya untuk kepentingan orang lain. Sedang peserta kursus lainnya kebanyakan menceritakan tentang aktifitas sendiri, kesibukan rutin di tempat bekerja sendiri, dan tentang departemen dimana diri sendiri ada didalamnya.

Saking tidak bolehnya menceritakan diri sendiri, instrukturnya – yang orang Pakistan akan tetapi berkewarganegaraan UK – bilang kira-kira begini:  “Don’t say about yourself, nobody want to know about yourself, because you are not an actor!” atau dia pernah bilang: “Talking about yourself is a sin!”. Kejam juga ya.

Entah bagaimana saya terkesan akan kata-katanya itu sejak saat itu dipergaulan sehari-hari saya selalu berusaha mengurangi untuk kebiasaan menceritakan diri sendiri. Sebaliknya jika saya tidak lupa,  selalu bertanya tentang “orang lain” atau lawan bicara. Dan rasanya lebih adil dan seimbang kalau tidak selalu menceritakan hal tentang diri sendiri. Maksud menceritakan orang lain itu bukan artinya mengorek-ngorek keburukkan orang lain. Nanti bisa dimaki orang “mind your own bussines!” atau “urus saja masalah dirimu sendiri!”.

Selanjutnya kata si instruktur bule berkulit hitam itu: “don’t say always for me, for me, and for me but say it: for you, for you, and for you”.

Wah, tanpa terasa saya pun bercerita tentang diri sendiri!


Leave a Reply

