Pertimbangan Penuh Rambat Kamale

Rambat kamale adalah bahasa Sunda, memang bukan ungkapan bahasa yang dipakai sehari-hari, artinya kurang lebih masalah atau persoalan yang banyak keterkaitannya dengan hal-hal lain. Rambat kamale bisa jadi penghambat dalam berbicara atau bertindak, sebab perlu ditimbang-timbang dulu bagaimana ucapan itu dikeluarkan atau tindakan itu dilakukan.

Makin banyak rambat kamale makin sulit berbicara dan membuat keputusan untuk bertindak. Sebagai contoh saya sangat benci korupsi, dan itu biasanya tercermin pada tindakan atau pembicaraan. Akan tetapi pada pembicaraan di depan umum akan memilih kata-kata yang pantas diucapkan sehubungan di depan saya ada saudara yang terlibat kasus korupsi.

Ingat Pak Murdiyono menteri Sekretaris Negara masanya pemerintahan Soeharto? Beliau kalau ditanya wartawan tentang sesuatu hal, menjawabnya bak orang gagu, kata-kata atau kalimat begitu sukarnya keluar. Karena dalam otak beliau ruwet, rumit, dan banyak rambat kamale, dijawab A takut si Anu tak suka, dijawab B pasti si Fulan tersinggung. Ya begitu jadinya lidah seperti kelu. Yang akan lancar dijawabnya ketika ditanya soal nyanyian berirama dangdut, karena pertama beliau suka, berikutnya adalah tidak banyak rambat kamale-nya.

Dalam scope kecil di rumah tangga juga kadang sering sendiri mengalami hal serupa di atas. Rencana atau bicara terasa ribet untuk dilaksanakan atau diputuskan karena banyak rambat kamale. Apalagi urusan negara akan banyak sekali rambat kamale.

Tapi bukankah kita harus memutuskan, sebab dalam kehidupan ini selalu harus memutuskan dari beberapa pilihan yang terbaik yang telah dipertimbangkan, meski demikan banyak rambat kamale.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s